Pemda Harus Bantu Perusahaan Swasta

Pemda Harus Bantu Perusahaan Swasta

Pemda Harus Bantu Perusahaan Swasta

Bandung - Anggota Komisi III DPRD Jabar, Sunatra, meminta pemerintah daerah memperhatikan kondisi perusahaan swasta agar terus tumbuh dan berkembang untuk menjaga perekonomian masyarakat yang mendapatkan penghasilan sebagai karyawan perusahaan swasta.
 
"Pemerintah harus memperhatikan perusahaan-perusahaan swasta yang memiliki banyak karyawan," kata Sunatra kepada wartawan di Bandung, Kamis (13/11/2014).
 
Ia menjelaskan, pemerintah dituntut menjaga perusahaan swasta agar tidak bangkrut menjalankan usahanya.
 
Jika perusahan besar di Jabar sampai bangkrut, menurut dia, dampaknya akan terjadi pemecatan terhadap karyawannya, kemudian terjadi peningkatan angka pengangguran.
 
"Kalau perusahaan swasta kolaps dan karyawannya menganggur yang repot kan Pemda juga," kata politisi dari Fraksi Gerindra itu.
 
Ia mengusulkan agar pemerintah memerankan fungsinya seperti memperhatikan sektor swasta dengan cara mengucurkan anggaran untuk perusahaan swasta.
 
"Anggaran Pemda kan dari rakyat dan harus dipergunakan buat rakyat juga," katanya.
 
Ia menuturkan, selama ini pemerintah sering memberikan modal kepada BUMD, meskipun dari sisi modal BUMD sudah aman, tinggal mengelola pengembangan bisnisnya.
 
Namun kenyataannya, kata Sunatra, banyak BUMD yang mengalami kerugian.
 
"Kalau yang swasta untuk perusahaan sejenis dengan BUMD tidak rugi, tetapi yang BUMD bisa rugi, ini kan janggal. Karena itu perusahaan swasta juga perlu diperhatikan, terutama dalam segi permodalan," katanya. (AY)
.

Categories:Bandung,
Tags:bandung,