Laba Yahoo Melejit Merger dengan Verizon pun Tertunda

Laba Yahoo Melejit Merger dengan Verizon pun Tertunda

Laba Yahoo melejit merger dengan Verizon pun berpeluang tertunda. (foto - ilustrasi)

Jakarta - Akuisisi Verizon terhadap Yahoo Inc. tampaknya tertunda, mengingat kinerja keuangan melampaui perkiraan. Akibatnya, kesepakatan dengan Verison pun diperkirakan akan molor, lebih dari yang diperkirakan.

Awalnya, akuisisi oleh Verizon dapat ditutup pada kuartal kedua tahun ini, jika memenuhi kondisi finansial. Pada Juli, Verizon setuju untuk mengakuisisi bisnis inti Yahoo, dan memperkirakan kesepakatan dapat ditutup pada kuartal pertama 2017 karena bisnis Yahoo tengah terhambat.

Securities and Exchange Commission kini tengah menyelidiki, apakah Yahoo terlibat dalam dua pelanggaran yang terjadi pada 2013 dan 2014. CEO Marissa Mayer tidak langsung menjawab atau mengonfirmasi penyelidikan dalam rilis laba, tapi mengatakan komitmen Yahoo! untuk keamanan penggunanya tak tergoyahkan.

Namun, perusahaan melaporkan laba kuartalan yang mengalahkan ekspektasi analis dan pendapatan melampaui perkiraan Wall Street. Perusahaan teknologi itu membukukan laba kuartal keempat sebesar 25 sen per saham, dengan pendapatan 1,47 miliar dolar AS.

Analis memperkirakan, laba Yahoo hanya 21 sen per saham dengan pendapatan 1,38 miliar dolar AS. Angka itu naik dari perkiraan awal 13 sen per saham dengan pendapatan 1,27 miliar dolar AS, ketika perusahaan mencatat penurunan laba 4,46 miliar dolar AS.

Meski harga iklan display menurun, masih melebihi harapan ketika datang untuk menampilkan pendapatan. Hal itu dengan mudah mengalahkan ekspektasi pendapatan pencarian pada kuartal itu.

Saham Yahoo naik sekitar setengah persen dalam perdagangan after-hours, sedangkan saham Verizon tidak berubah.

Hingga tahun lalu, Yahoo telah menutup 22 kantor dan menghilangkan lebih dari 120 produk dan fitur di Yahoo selama masa kepemimpinan Mayer. Headcount Yahoo telah jatuh 18 persen menjadi 8.500 pada tahun lalu.

Namun, perusahaan meluncurkan beberapa inisiatif baru pada kuartal itu, menambah cakupan liga utama hoki, memperluas akses ke Hulu acara TV klip, dan menciptakan fitur iklan baru. (Jr.)**

.

Categories:Ekonomi,
Tags:,