PKL Cihampelas Minta Kejelasan Soal Relokasi ke Skywalk

PKL Cihampelas Minta Kejelasan Soal Relokasi ke Skywalk

PKL Cihampelas unjuk rasa di Balaikota Bandung minta kejelasan soal relokasi ke Skywalk. (foto - prfmnews)

Bandung - Para pedagang yang tergabung dalam Forum Komunikasi Warga dan Pedagang Kaki Lima Cihampelas, menggelar aksi unjuk rasa di depan Balaikota Bandung, Rabu (25/1/2017) siang.

Massa yang sebagian besar merupakan PKL di Cihampelas menuntut kejelasan relokasi PKL di sepanjang jalur wisata belanja Cihampelas, ke Skywalk Cihampelas yang sudah rampung dibangun. Selain tuntutan tersebut, mereka juga masih memiliki beberapa poin tuntutan lain yang akan disampaikan kepada Walikota Bandung. 

Setelah berorasi dan menuntut bertemu Ridwan Kamil, sekitar 12 orang perwakilan mereka dipersilakan melakukan mediasi. Koordinator aksi, Agus Nurdin mengatakan, tujuan mereka demo agar nasib mereka diperhatikan oleh Pemkot Bandung, dan segera direlokasi ke kios yang sudah tersedia di Skywalk Cihampelas.

"Tujuan kami datang ke Balaikota untuk bertemu dengan Pak Ridwan Kamil, guna menuntut kejelasan status. Maksudnya kapan kami direlokasi, siapa saja pedagang yang direlokasi. Sejauh ini hal itu belum jelas," katanya.

Menurutnya, tuntutan lain yang juga ingin disampaikan oleh para PKL Cihampelas, yakni ihwal biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh pedagang yang menempati kios di Skywalk Cihampelas. Para pedagang merasa berat jika dibebani dengan berbagai macam pungutan, yang harus dikeluarkan pada setiap bulannya.

"Kalau harus bayar, pastinya akan sangat memberatkan buat para PKL. Sekarang saja omzet kami lagi turun. Isu yang beredar malah lebih parah, katanya PKL yang direlokasi harus bayar lagi," ungkapnya.

Selain itu, Forum Komunikasi Warga dan PKL Cihampelas juga meminta kepada pemerintah kota, agar pengelolaan Skywalk Cihampelas tidak diberikan pada pihak dari luar, tapi dikembalikan pada Forum.

Pada intinya, Forum Komunikasi Warga dan PKL Cihampelas memiliki delapan tuntutan yang ingin disampaikan pada Pemkot Bandung. Antara lain menuntut diumumkan nama PKL dan nomor kios yang akan ditempati, menolak segala pungutan untuk relokasi, menuntut perbaikan kerusakan, dan ganti rugi selama pembangunan Skywalk Cihampelas. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,