Dampak Perbaikan Cisomang Dibangun Dua Pintu Tol Baru

Dampak Perbaikan Cisomang Dibangun Dua Pintu Tol Baru

Jembatan Cisomang yang berada di Km 100 +695 Tol Purbaleunyi. (foto - ist)

Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terus menggenjot perbaikan Jembatan Cisomang, yang berada di Km 100 +695 Tol Purbaleunyi. Jembatan yang pilarnya sempat bergeser karena pergerakan tanah itu, proses perbaikannnya direncanakan akan rampung sekitar Maret 2017.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, kembali meninjau lokasi perbaikan jembatan. Menurutnya, fokus perbaikan pada Jembatan Cisomang adalah untuk menghentikan pergerakan tanah.

"Pekerjaan kami sudah sesuai rencana. Ditargetkan 31 Maret perbaikan sudah selesai. Berdasarkan hasil analisis, pergerakan tanah ini bisa ditahan menjadi hanya 1-2 milimeter, terhitung sejak awal perbaikan,” kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Rabu (25/1/2017).

Menurut Basuki, untuk mengurangi kepadatan di ruas jalan arteri Purwakarta-Padalarang, pihaknya telah menugaskan PT Jasa Marga untuk membangun pintu tol baru di Km 99 arah Bandung dan Km 107 arah Jakarta, yang dibuka selama masa perbaikan Jembatan Cisomang.

"Ditargetkan akan selesai pada akhir Februari, dan diharapkan akan memperlancar arus logistik yang melintasi kawasan tersebut,” sebutnya.

Sebelumnya, kendaraan beban berat seperti truk dan bus yang menuju ke Bandung sudah dialihkan untuk keluar di Jatiluhur Km 84+600, dan masuk kembali di Padalarang Km 121+400. Dengan dibangunnya pintu keluar baru, akan memangkas jarak yang harus ditempuh kendaraan di jalan arteri dari semula sekitar 37 km menjadi sekitar delapan km. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,