Terkuak, 3 Mahasiswa UII Tewas Diduga Adanya Penyiksaan

Terkuak, 3 Mahasiswa UII Tewas Diduga Adanya Penyiksaan

Kepolisian tengah memeriksa lokasi digelarnya pendidikan dasar Mapala UII Yogyakarta. (foto - ist)

Karanganyar - Terkuak, penyebab kematian tiga mahasiswa Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta saat mengikuti pendidikan dasar (Diksar) mahasiswa pecinta alam (Mapala) di hutan Tlogodringo, Gondosuli Tawangmangu Karanganyar Jawa Tengah. Penyidikan di kepolisian mulai mengarah ke tersangka.

Menurut Kapolres Karanganyar, AKBP Ade Safri Simanjuntak, pihaknya masih menunggu hasil visum et repertum (VER) luka, VER mayat dan otopsi dari tiga rumah sakit. Yakni RSUP Sardjito Yogyakarta, RSUD Karanganyar dan RS Bethesda Yogyakarta.

Namun, dari pemeriksaan awal seluruh perserta mengakui bila benar dalam diksar maut itu ada dugaan tindak kekerasan pada peserta. "Saat ini proses penyidikan terhadap saksi sudah mulai mengerucut, dan diharapkan dalam waktu dekat sudah ada yang menjadi tersangka," kata Ade Safri, Rabu (25/1/2017).

Ade menyatakan, hasil sementara itu didapat dari penyidikan tim khusus yang diterjunkan ke Yogyakarta untuk meminta keterangan 11 saksi. Termasuk juga pemeriksaan terhadap keluarga korban yang mendampingi, sesaat sebelum korban meninggal dunia serta keterangan dari peserta Diksar.

"Dengan demikian, pemeriksaan itu akan dicroscekkan dengan hasil pemeriksaan dan keterangan saksi, juga barang bukti yang ditemukan di lokasi kejadian," katanya.

Selain jemput bola dengan memeriksa para saksi, keluarga korban dan perserta Diksar maut UII ke Yogyakarta, penyidik pun masih memasang garis polisi di dua lokasi kegiatan Diksar Mapala UII. Keduanya berada di Waktu Lumbung dan kawasan Merutu di hutan Tlogodringo. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,