Chtistian Sugiono Konsumsi Organik untuk Jaga Kesehatan

Chtistian Sugiono Konsumsi Organik untuk Jaga Kesehatan

Christian Sugiono dan Titi Kamal. (foto - ist)

Jakarta - Pesinetron Christian Sugiono sangat menjaga pola makan yang dikonsumsi keluarganya. Mulai berhati-hati mengenakan minyak goreng hingga tidak menggunakan garam pada masakan yang dikonsumsi. Ia juga memilih minyak yang dikit nempel di makanan.
 
"Masakan di rumah kami nggak memakai garam, yang justru disukai anak-anak. Selain itu, kami berhati-hati memakai minyak buat menggoreng makanan. Minyak yang sudah dipakai menggoreng dan sudah berubah warna, meski baru satu kali pakai sudah harus dibuang. Kalau nggak, sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh," kata Christian Sugiono, seusai talkshow bertajuk 'Masakan Rumah The Silent Killer' yang digelar SunCo di Cheers Residen Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu lalu.
 
Menurutnya, kalau sudah benar mengenakan minyak saat memasak harus pandai memilih lauk pauk, seperti ikan yang bebas dari formalin. "Bisa nggak sehat, karena makanannya sudah tercampur formalin. Tapi, Titi jago memilih ikan yang bebas formalin. Ia juga paham cara menggoreng dengan minyak yang benar. Titi mengajarkan pada pembantu rumah agar tidak memakai minyak yang sudah berubah warna," tegasnya.
 
Christian mengaku, ia dan keluarga mengupayakan mengkonsumsi makanan organik. Sedikit lebih mahal, tapi amat baik bagi investasi kesehatan. "Kesehatan prioritas bagi saya dan Titi. Kini saya menanam tanaman hidroponik, sayuran. Misalnya selada, kangkung, popcay. Mudah hanya pakai pipa," kata Christian bercerita cara dirinya memilih makanan sehat. 
 
Sementara itu, dr.Tirta Prawita Sari, M.Sc., Sp.GK, Sekretaris Komite Nasional Gizi dan Penanggulangan Penyakit Tidak Menular dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) mengatakan, minyak yang sudah berubah warna sudah tidak baik untuk menggoreng masakan.
 
"Menjadi penyebab penyakit jantung, diabetes dan kanker. Jadi minyak yang sudah berubah warna sudah rusak dan jangan dipakai. Penyakit tidak menular disebabkan minyak yang tidak layak ini. Saat inj banyak diderita ekonomi lemah. Karena itu pentingnya pengetahuan bagaimana cara memakai minyak yang benar harus diterapkan," katannya.
 
Deputy marketing manager Sunco, Maulina menjelaskan, ciri-ciri minyak goreng yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. "Nah ciri-ciri minyak goreng baik itu yang paling mudah dilihat warnanya bening, tidak mudah beku, dikit nempel di makanan, tampak lebih encer dan tidak serak ditenggorokan" katanya. (Jr.)**
.

Categories:Gaya hidup,
Tags:,