Wilayah Bangka Belitung Diguncang Gempa 4,1 SR

Wilayah Bangka Belitung Diguncang Gempa 4,1 SR

Wilayah Bangka Barat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diguncang gempa berkekuatan 4,1 SR.

Bangka - Wilayah Bangka Barat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) diguncang gempa berkekuatan 4,1 pada skala Richter (SR), Jumat pukul 07.08 WIB.

Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Gempa dengan kedalaman 10 kilometer itu berpusat di 65 Km barat daya Bangka, atau di koordinat 1,91 Lintang Selatan-105,24 Bujur Timur. Gempa dirasakan di Bangka Barat II-III.

"Hasil analisis peta tingkat guncangan (shake map) BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi berupa guncangan dirasakan di wilayah Pulau Bangka bagian barat pada skala intensitas II SIG BMKG (II-III MMI)," kata Kepala Stasiun Geofisika Kelas 1 Silaing Bawah Kota Padang Panjang, Rahmat Triyono, Jumat (27/1/2017).

Disebutkan, hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum terjadi gempa susulan. Untuk itu masyarakat Pulau Bangka diimbau agar tetap tenang, karena gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami.

"Gempa Bangka ini merupakan jenis gempa bumi dangkal yang dipicu oleh aktivitas sesar aktif. Secara tektonik, letak wilayah Pulau Bangka memang jauh dari sumber gempa utama, seperti subduksi lempeng dan sesar regional. Namun secara geologi wilayah Bangka terdapat sesar lokal," katanya.

Dalam catatan gempa di BMKG menunjukkan, Bangka juga pernah diguncang gempa bumi berkekuatan M=4.0 pada 30 Agustus 2016 yang dirasakan di sebagian Pulau Bangka bagian utara.

Sebelumnya, pada wilayah ini juga pernah terjadi gempa bumi dengan M=4,8 SR, berkedalaman dangkal, yang menimbulkan kerusakan ringan pada 2 Desember 2007. Gempa 2007 itu cukup kuat dan diikuti dengan 5 kali kejadian gempa bumi susulan (aftershocks).

"Data kegempaan setempat memang menunjukkan, wilayah Bangka termasuk kawasan dengan tingkat aktivitas kegempaan rendah. Namun dengan keberadaan beberapa sesar di wilayah ini menjadikan Bangka, bukan daerah yang benar-benar aman dari gempa bumi," kata Rahmat. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,