GMPP Demo Tuntut Pendidikan SMA di Jabar Gratis

GMPP Demo Tuntut Pendidikan SMA di Jabar Gratis

GMPP Demo Tuntut Pendidikan SMA di Jabar Gratis

Bandung - Massa Gerakan Masyarakat Peduli Pendidikan (GMPP) Bandung menggelar aksi di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Kamis (13/11/2014), mereka menuntut Pemerintah Provinsi Jabar agar biaya pendidikan bagi siswa SMA sederajat digratiskan.
 
Koordinator Aksi GMPP Hari Santoni mengatakan aksinya itu menuntut janji pemerintah dan kampanye Gubernur Jabar Ahmad Heryawan akan menggratiskan biaya sekolah sampai SMA sederajat negeri dan swasta.
 
"Sampai sekarang di Kota Bandung sekolah gratis belum terwujud, sedangkan beberapa daerah lain sudah," kata Hari.
 
Ia menyebutkan dari 27 kota/kabupaten di Jabar yang belum menerapkan biaya pendidikan SMA sederajat gratis yakni Kota/Kabupaten Bandung, Bogor, Bekasi dan Cimahi.
 
Hari mempertanyakan kebijakan Pemerintah Kota Bandung dan Provinsi Jabar yang belum juga memberlakukan sekolah gratis di Bandung.
 
"Padahal Kota Bandung ini ibu kota Jawa Barat, tapi kenapa belum gratis, bahkan biaya pungutan sekolahnya terbesar di Jawa Barat," katanya.
 
Ia menyampaikan, tuntutannya kepada pemerintah agar segera menghapus segala bentuk pungutan uang di sekolah tingkat SMA sederajat di Jabar.
 
Menurut dia, segala bentuk pungutan untuk biaya pendidikan tidak dibenarkan, sehingga pemerintah harus menindak sekolah yang masih melakukan pungutan biaya sekolah.
 
"Segera menghentikan berbagai pungutan pada pelaksanaan pendidikan menengah di Jawa Barat," katanya.
 
Selain itu, massa juga menuntut dibuat peraturan Gubernur tentang tata kelola keuangan pada sekolah menengah di Jabar, kemudian segera melakukan pengawasan terhadap tata kelola keuangan pada pendidikan menengah.
 
"Berikan sanksi kepada Kepala Sekolah yang tidak melaksanakan Peraturan Gubernur jika sudah dikeluarkan peraturan larangan tersebut dengan diberhentikan atau dimutasi," katanya. (AY)
.

Categories:Pendidikan,
Tags:pendidikan,