Penasihat Partai Suu Kyi Tewas Ditembak Pulang dari RI

Penasihat Partai Suu Kyi Tewas Ditembak Pulang dari RI

Lokasi penembakan Penasihat Hukum Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), U Ko Ni di Bandara Internasional Yangon Myanmar. (foto - BBC)

Yangon - Penasihat Hukum Partai Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD) U Ko Ni, tewas ditembak tepat di bagian kepala di Bandara Internasional Yangon Myanmar, Minggu sore.

Anggota Senior Partai NLD, U Win Htein mengemukakan, pihak keamanan meyakini aksi penembakan tersebut telah direncanakan dan Ko Ni adalah targetnya. Tak hanya Ko Ni, seorang sopir taksi yang membawanya juga dilaporkan tewas.

Seperti dilaporkan situs Mmtimes, Minggu (29/1/2017) U Ko Ni kembali dari Jakarta Indonesia, di mana ia adalah bagian dari delegasi untuk menghadiri pertemuan pemimpin senior.

Mengenai kronologisnya, ia sedang menunggu taksi di bandara di sekitar pukul 14.30 waktu setempat. "Saya harus katakan, ini adalah hal yang sangat menyedihkan dan kerugian yang sangat besar bagi negara," kata U Win Htein, Komite Eksekutif Pusat Partai NLD.

Berdasarkan laporan polisi yang diperoleh The Myanmar Times dan ditandatangani oleh Petugas Kepolisian Myo Naing, penembak diduga seorang pria berusia 53 tahun dari Mandalay Myanmar. Tersangka telah ditangkap dan diinterogasi oleh polisi.

Sejauh ini, motif penembakan tersebut belum diketahui. U Ko Ni adalah seorang pengacara terkemuka dan pelindung dari Asosiasi Pengacara Muslim Myanmar yang baru terbentuk. Sedangkan NLD merupakan partainya Pemimpin Myanmar, Aung San Suu Kyi. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,