Persib Bandung Bidik Pemain Liga Belanda Asal Kamerun

Persib Bandung Bidik Pemain Liga Belanda Asal Kamerun

William Steve Overtoom. (foto - Alchetron)

Bandung - Persib banung kini tengah mengincar mantan playmaker tim nasional Kamerun, Willie Overtoom. Pemain yang malang melintang di Eredivisie Belanda itu berada di bawah naungan agen yang sama bagi Sergio van Dijk.

Menurut Manajer Pesib Umuh Muchtar, Overtoom punya kemampuan di atas Vitor Saba, pemain asing yang batal bergabung dengan Persib. Jika sukses mendaratkan Overtoom, Persib akan punya dua playmaker yang bisa saling melapisi, setelah sebelumnya merekrut Erick Weeks.

"Saya incar yang di Belanda, dapat masukan dari Sergio. Kita lagi bicara sama agennya yang kebetulan sama dengan Sergio. Jadi nanti di sektor depan bisa lebih bagus lagi," kata Umuh Muchtar.

Ia mengaku, rencana merekrut pemain yang pernah memperkuat AZ Alkmaar itu, untuk menambah daya dobrak timnya untuk bisa mencetak banyak gol. Ia berharap, kehadiran pemain ini bisa membantu Persib untuk mempertahankan gelar juara Piala Presiden dan ISL mendatang.

Sementara berdasarkan data di situs soccerway, Willie Overtoom disebutkan punya kemampuan yang sama bagus dalam menggunakan kedua kakinya. Dalan video, Overtoom tampak piawai mengeksekusi bola mati, seperti tendangan sudut dan tendangan penalti. Ia juga punya kemampuan melepaskan tendangan jarak jauh yang akurat.

Lahir pada 2 September 1986, kini Overtoom berusia 30 tahun. Klub pertama yang dibelanya secara profesional, yakni Telstar yang berlaga di Eerste Divisie atau kompetisi kasta kedua di Belanda. Overtoom berseragam Telstar hanya semusim, yaitu pada 2006-2007.

Laman Wikipedia menyebutkan, klub pertama Overtoom adalah AZ Alkmaar pada 2005, sebelum ia dipinjamkan ke Telstar. Performanya yang menonjol membuat dia naik kasta dan direkrut Heracles, yang berlaga di Eredivisie Belanda dari 2009 hingga 2013.

Di Heracles, Overtoom menikmati masa keemasannya. Pada musim 2010-2011, pemain bertinggi badan 170 cm itu bahkan mencetak 14 gol dari 35 laga. Angka yang fantastis mengingat posisinya sebagai pemain gelandang. Setelah 5 tahun bermain untuk Heracles, Overtoom pindah kembali ke AZ Alkmaar.

Meninggalkan Belanda, Overtoom hengkang ke Liga Utama Belgia dan membela SV Zulte-Waregem. Di sana, ia hanya tampil 5 kali dengan total waktu 141 menit bermain. Gelandang degan nama lengkap William Steve Overtoom itu, pernah tampil 3 kali bersama timnas Kamerun pada 2012. Situs transfermarkt menyebutkan, harga pasar Overtoom saat ini 510.000 poundtserling atau setara dengan Rp 8,5 miliar. (Jr.)**

.

Categories:Persib,
Tags:,