Kembali Dibuka Penerbangan Reguler di Bandara Nusawiru

Kembali Dibuka Penerbangan Reguler di Bandara Nusawiru

Bandara Nusawiru Pangandaran Jawa Barat. (foto -ist)

Pangandaran - Sejak ditutup beberapa bulan lalu, penerbangan reguler rute Jakarta - Pangandaran maupun sebaliknya di Bandara Nusawiru kembali dibuka. Izin penerbangan reguler itu dikeluarkan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.
 
"Izin rute PT Susi Air untuk reguler flight sudah ada, sehingga penerbangan reguler sudah bisa dilakukan," kata Kepala Bandara Nusawiru Hendra Gunawan, Selasa (31/1/2017).
 
Pesawat yang akan digunakan untuk penerbangan reguler, di antaranya CJN dengan waktunya Minggu SQS 234 14.25-15.25 lt HLP-CJN RON (Location Indicator untuk NSW berdasarkan IATA). Khusus Senin, jadwal reguler SQS 235 CJN-HLP 06.20-07.20 lt, SQS 238 HLP-CXP 07.30-0840 lt, SQS 239 CXP-HLP 08.55-10.05 lt, SQS 234 HLP-CJN 14.25-15.25 lt.
 
"Untuk sementara waktu, dalam satu hari hanya melayani satu penerbangan, baik itu dari Pangandaran maupun dari Jakarta," katanya. PT ASI Pudjiastuti Aviantion Nata Sanjaya membenarkan, PT ASI sudah melayani penerbangan Pangandaran-Jakarta, Jakarta-Pangandaran.
 
"Untuk jumlah calon penumpang pun sudah mulai normal. Dengan harga tiket sekitar Rp 800 ribu, bisa menghemat waktu penerbangan. Sebab Pangandaran-Jakarta bisa menempuh dengan waktu 60 menit," kata Nata.
 
Menurutnya, untuk penerbangan Pangandaran-Bandung dan sebaliknya, sejauh ini pihaknya masih mengurus proses perizinan. Rencananya untuk penerbangan rute tersebut, bisa diterapkan tiga kali dalam seminggu. "Terutama membuka rute pada hari-hari libur atau long weekend," tegasnya.
 
Sementara Bupati Pangandaran Jeje Wiradinatan menyatakan, dengan kembali beroperasinya penerbangan reguler di Bandara Nusawiru, bisa meningkatkan pariwisata di Pangandaran. 
 
"Apalagi pihak Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) akan mengembangkan penerbangan di Pangandaran, dengan menggandeng beberapa maskapai penerbangan dari beberapa daerah. Hal itu dilakukan, setelah ada perpanjangan runway dan perluasan bandara," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,