Skywalk Cihampelas Hanya Jadi Tempat Menampung PKL?

Skywalk Cihampelas Hanya Jadi Tempat Menampung PKL?

Progres pembangunan Skywalk Cihampelas Kota Bandung. (foto - ist)

Bandung - Keberadaan Skywalk dinilai tidak sesuai dengan tujuan awal, yakni untuk jalur pejalan kaki ketika berwisata di Jalan Cihampelas Kota Bandung. Namun demikian, Skywalk kini seakan menjadi tempat penampungan para PKL.
 
Ketua Komisi D DPRD Kota Bandung, Ahmad Nugraha melihat, memindahkan PKL ke Skywalk tidak ada hubungannya dengan upaya mengurangi kemacetan. Sebab, para pejalan kaki masih bisa berjalan di bawah, sehingga tetap akan menimbulkan kemacetan.
 
"Oleh karena itu, solusi yang terbaik harus diberikan agar kawasan Cihampelas harus tertata senyaman mungkin, khususnya bagi mereka yang berwisata di sana," katanya di Bandung, Selasa (31/1/2017).
 
Menurutnya, selain itu perlu ada solusi agar PKL yang ditempatkan di Skywalk nantinya menjadi lebih laku dan fungsi pedestrian tetap berjalan. "Namun kalau mereka di sana malah kesulitan untuk mencari nafkah, maka permasalahan yang sama akan terulang," katanya.
 
Diharapkan, relokasi PKL Cihampleas ke Skywalk tidak memunculkan PKL yang tetap beroperasi di bawah Skywalk. Pasalnya, sebanyak 192 PKL Cihampelas belum tentu bisa ditampung semua di Skywalk. "Apakah Skywalk Cihampelas dapat memberikan solusi bagi PKL? Belum tentu karena ternyata bangunannya sempit. Meski demikian, ini salah satu solusi Kota Bandung, tapi jangan sampai muncul masalah baru," tambahnya.
 
Ia mengatakan, kondisi Skywalk yang tidak bisa menampung semua PKL Cihampelas dikhawatirkan akan menumbuhkan kecemburuan dari para PKL lain, yang tidak kebagian slot kios di Skywalk. Bahkan, sangat ironis, jika PKL yang direlokasi bukan bagian dari PKL Cihampelas.
 
Dengan begitu, harus ada prosedur dan validitas data yang akurat agar fasilitas tersebut diberikan kepada yang memang berhak. "Kami sangat menyayangkan kalau yang di atas bukan PKL yang seharusnya. Namun para pedagang baru yang punya koneksi. Oleh karena itu, pendataan sangat penting dan tentunya sesuai prosedur yang ada," tegasnya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,