Umat Islam Harus Menolak Pemindahan Makam Nabi Muhammad

Umat Islam Harus Menolak Pemindahan Makam Nabi Muhammad

hasyim musadi

Jakarta – Rencana pembongkaran dan pemindahan makam Nabi Muhammad SAW kembali mencuat, menyusul bocornya dokumen setebal 60 halaman milik seorang akademisi Dr. Ali bin Abdulaziz al-Shabal di kalagan pengawas Masjid Nabawi, Saudi Arabia.

 

Tak pelak usulan tersebut menimbulkan kontroversi hingga menjadi trending topic di media sosial. Seperti diketahui dokumen setebal 60 halaman itu, belakangan sudah dimuat di jurnal kerajaan dan harian The Independent, yang kemudian dipublikasikan oeh sejumlah media lainnya di dunia.

 

Dalam kajian dokumen itu disebutkan, makam Nabi Muhammad SAW yang sebelumnya berada di Kompleks Masjid Nabawi di Madinah, akan dipindahkan ke Makam Baqi’ dan dibuat anonim atau tanpa identitas.

 

Berbagai komentar akhirnya muncul, tidak hanya dari kalangan ulama dan organisasi keagamaan yang ada di luar negeri. Di Indonesia, mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi bahkan meminta, agar peerintah beserta alim ulama di Tanah Air menentang usulan itu. Dia menganggap rencana pemindahan makam Nabi itu mungkin digunakan oleh kelompok tertentu untuk membuat maneuver keguncangan di kalangan umat Islam.

 

“Pemindahan ini seharusnya ditentang oleh umat Islam di dunia. Memang dulu pernah akan terjadi itu, karena memang di dalam pemikiran wahabiyah seluruh situs-situs yang bersejarah itu akan dihapuskan karena dianggap syirik. Padahal sama sekali tidak. Justru situs-situs itu penting untuk kesejarahan. Jadi kalau sekarang mau diulang lagi, itu seluruh umat Islam di dunia harus menentangnya,” ujar Hasyim usai menghadiri acara Halaqoh Pimpinan Pondok Pesantren dan Tokoh Pendidik Islam di Novita Hotel, Jambi, Rabu (03/09/2014) malam.

PBNU sendiri melalui ketua umumnya, KH Said Agil Siroj dalam surat pernyataan tertulisnya, sangat mengecam keras usulan tersebut. Sebab itu PBNU mendorong pemerintah Indonesia untuk ikut bereaksi menolak usulan itu.

“PBNU akan mengirimkan surat ke Presiden dan meminta agar Indonesia menyurati Pemerintah Arab Saudi.Tujuannya untuk mengingatkan agar tidak membongkar makam Nabi Muhammad. Dari dulu sampai sekarang, kami menolak keras dan mengecam pembongkaran itu,” ungkapnya.

.

Categories:Daerah,
Tags:,