Isu Kenaikan BBM Picu Kenaikan Harga Tomat

Isu Kenaikan BBM Picu Kenaikan Harga Tomat

Salah satu kios pedagang sayur di Pasar Kosambi Bandung. (Foto : ADE)

Bandung – Semakin merebaknya isu kenaikan harga BBM mendongkrak harga sejumlah sayuran di pasaran. Selain cabe, harga komoditi sayuran pun lain seperti tomat dan lobak ikut naik.
 
Berdasarkan keterangan dari para pedagang sayuran di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Rachmawati, kenaikan harga tomat dan lobak sudah terjadi sekitar satu pekan lalu. Lonjakan harga pun terjadi karena adanya isu kenaikan harga BBM.
 
“Dari sisi pasokan sih terlihat masih normal. Namun perkiraan yang menyebabkan harga sayuran naik, yaitu karena isu kenaikan BBM,” kata Rachmawati di Pasar Kosambi, Kota Bandung, Kamis (13/11/2014).
 
Untuk tomat dan lobak serta sayuran lain seperti kol dan wortel umumnya mengalami kenaikan hingga  mencapi 30 persen. "Harga lobak dan tomat yang sebelumnya cuma Rp 6.000/kg naik menjadi Rp 8.500/kg. Begitu juga dengan wortel yang kini harganya bisa mencapai Rp 10.000/kg,” keluh Rachmawati.

Kenaikan harga sayuran tersebut diprediksi para pedagang akan berlangsung cukup lama, sampai ada kepastian pemerintah menaikkan harga BBM. Pedagang mengkhawatirkan, kenaikan harga sayuran dan kebutuhan pokok lainnya bisa menurunkan omzet penjualannya, karena daya beli masyarakat akan semakin turun.
.

Categories:Ekonomi,
Tags:bandung,