SD Negeri 2 Ciptamargi di Kabupaten Karawang Ambruk

SD Negeri 2 Ciptamargi di Kabupaten Karawang Ambruk

Sekolah Dasar Negeri 2 Ciptamargi Kabupaten Karawang. (foto - ist)

Karawang - Ambruknya atap Sekolah Dasar Negeri 2 Ciptamargi Kabupaten Karawang, diduga akibat pembangunannya yang dikerjakan asal-asalan. Wakil Bupati Karawang Jimmy Ahmad Zamakhsyari pun menampik faktor alam ikut berperan dalam peristiwa itu.
 
"Saya kira DED (Detail Engineering Design) tidak salah. Yang tidak benar itu pelaksanaan pengerjaannya, sehingga bangunan ini mudah ambruk," katanya, saat meninjau kondisi ambruknya atap SDN 2 Ciptamargi, Kamis (2/2/2017).
 
Hujan sederas apapun, katanya tidak akan merobohkan atap bangunan, jika konstruksinya dikerjakan sesuai aturan. "Idealnya bangunan ini bisa bertahan hingga 20 tahun ke depan. Masak baru empat tahun sudah ambruk," katanya. 
 
Jimmy khawatir, peristiwa serupa akan menimpa sejumlah SD lainnya yang dibangun tahun 2012. Sebab, pada 2012 Dinas Pendidikan membangun ratusan ruang kelas baru di sejumlah sekolah, yang dibiayai DAK (dana alokasi khusus) dari pemerintah pusat. 
 
Oleh karena itu, ia sudah meminta Dinas Pendidikan setempat mendata sekolah yang dibangun 2012. Hal itu domaksudkan untuk mencegah jatuhnya korban akibat tertimpa reruntuhan atap bangunan.
 
Jimmy menyatakan, saat ini ada 1.446 ruang kelas yang dilaporkan dalam kondisi rusak. Perbaikan ruang kelas itu direncanakan dilaksanakan dengan menggunakan dana CSR, dari sejumlah perusahaan yang ada di Karawang. 
 
Pada 2016 lalu, dana CSR dari perusahaan sudah terkumpul sekira Rp 8 miliar. Namun tidak terserap secara optimal untuk meperbaiki gedung sekolah yang rusak. "Tahun ini kami siapkan Rp 20 miliar dana CSR untuk memperbaiki bangunan SD," katanya.
 
Khusus untuk memperbaiki SDN 2 Ciptamargi, akan memanfaatkan dana CSR dari Bank BJB. "Banyak uang APBD Karawang yang tersimpan di BJB. Kami minta CSR-nya untuk memperbaiki SD ini," tega Jimmy.
 
Sementara itu, Manager Consumer Bank Jabar Banten (BJB) Cabang Karawang, Marga Budi yang ikut sidak ke SDN Ciptamargi 2 mengatakan, BJB siap memberikan dana CSR untuk pembangunan sekolah SDN Ciptamargi 2 yang ambruk. 
 
Hanya saja, Budi belum bisa menyebutkan besaran nilai CSR yang disiapkan, untuk perbaikan SD tersebut. "Kami akan melaporkan rincian anggaran untuk perbaikan SDN Ciptamargi 2 tersebut," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,