Piala Presiden 2017 Resmi Mulai Bergulir

Piala Presiden 2017 Resmi Mulai Bergulir

Piala Presiden 2017 Resmi Mulai Bergulir. (foto - ist)

Yogyakarta - Piala Presiden 2017 mulai bergulir. Pembukaan ditandai dengan pertandingan antara PSS Sleman melawan Persipura Jayapura di Stadion Maguwoharjo Sleman, Sabtu (4/12/2017).

Presiden Jokowi, turut hadir dalam pembukaan ditemani sejumlah pejabat negara. "Saya ucapkan selamat pada PSSI, dan dengan mengucapkan  Bismillahirrahmanirahim Piala Preseiden dimulai. Selamat bertanding PSS Sleman dan Persipura Jayapura," katanya.

Ketua Steering Committee Piala Presiden 2017, Maruarar Sirait dalam kesempatan berbeda menyampaikan pesan Jokowi kepada panitia pelaksana pertandingan. Ada lima aspek yang diharapkan orang nomor satu di Tanah Air itu untuk dipenuhi.

Transparansi menjadi hal mendasar utama yang harus dilakukan Panpel. Untuk itu, mereka menggandeng badan audit berlevel internasional, Price Waterhouse Cooper. "Ini harus dijawab dengan cara audit. Lembaga yang mengaudit itu harus terpercaya dan kredibel," kata Ara.

Harapan kedua, berjalannya pertandingan yang fairplay. Mulai dari perekrutan wasit hingga melakukan pengawasan secara mendalam. Industri sepakbola menjadi salah satu fokus. Sebab Jokowi berharap para pelaku olahraga sepakbola di Tanah Air bisa saling bersinergi dan mendukung.

"Pemain, pelatih, manajer, suporter hingga sponsor menjadi sebuah sistem. Mereka harus saling bersinergi dan saling mendukung," kata politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Selain itu, Piala Presiden diharapkan mampu memberi dampak signifikan bagi ekonomi kerakyatan. Hal itu melingkupi kegiatan ekonomi, mulai dari pedagang di sekitar stadion hingga bisnis hotel.

Sementara muara dari semua itu, nantinya akan memberi dampak positif bagi perkembangan sepakbola Indonesia. Yakni munculnya para pemain muda potensial yang bisa menjadi tulang punggung tim nasional Indonesia. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,