Taman Sejarah Kebanggaan Baru Warga Bandung Resmi Dibuka

Taman Sejarah Kebanggaan Baru Warga Bandung Resmi Dibuka

Taman Sejarah diresmikan oleh Waliota Bandung Ridwan Kamil dibuka untuk umum mulai Sabtu 4 Februari 2017. (foto - ist)

Bandung - Walikota Bandung Ridwan Kamil resmi membuka Taman Sejarah untuk umum, Sabtu (4/2/2017). Taman berlokasi di bekas lahan parkir Gedung DPRD Kota Bandung Jalan Aceh Kota Bandung.

Walikota secara khusus mengundang keluarga Wiranatakusuma, sebagai salah seorang tokoh yang turut membangun Bandung. Acara itu juga dihadiri perwakilan dan keluarga para mantan walikota Bandung, sejarawan Bandung dan masyarakat.

Menurut Emil, dirinya sangat bahagia dengan selesainya Taman Sejarah akan menjadi kebanggaan baru masyarakat Kota Bandung. "Saya terharu dengan suasana hati saya karena sampai juga pada suatu hari dalam sejarah kita, kota ini mendapatkan haknya. Kota yang hebat ini telah menemukan asal muasalnya. Siapa bupati Bandung, siapa walikota Bandung dan sejarah pada era Wiratakusuma," katanya.

Selain itu, Taman Sejarah akan menjadi tempat yang cocok untuk anak-anak dan remaja, yang ingin mengetahui sejarah Kota Bandung. Baginya, Kota Bandung merupakan perlintasan peradaban yang terjadi di Indonesia.

"Di sini lahir kemerdekaan Asia Afrika, Bandung itu rahimnya Indonesia, hamil tuanya di Kota Bandung. Selain itu, Bung Karno dan Bung Hatta pertamakali berkenalan di Kota Bandung. Jadi, betapa luar biasanya kota yang mulia ini. Taman ini merupakan cara saya mengingatkan semua orang akan pentingnya sejarah, seperti pesan yang disampaikan Bung Karno ’Jangan sekali-kali meninggalkan dan melupakan sejarah’," katanya.

Salah satu anggota keluarga Raden Wiratakusuma, Martoyo menyatakan, ia mengapresiasi sebesar-besarnya pemerintah Kota Bandung khususnya Walikota, karena sudah bersedia membangun Taman Sejarah yang membuatnya merasa bangga.

"Terima kasih kepada Walikota Bandung yang sudah membuat Taman Sejarah ini, Kota Bandung memang cocok dijuluki kota sejarah, karena banyak nilai sejarah yang terkandung dalam terbangunnya kota yang kita cintai ini," katanya.

Dalam persmian itu, hadir pun antara lain Tisna Sanjaya, seniman dari Kota Bandung. Menurutnya, peresmian itu merupakan peristiwa yang sangat penting dan dibutuhkan masyarakat di zaman modern seperti sekarang ini, agar mereka dapat mengetahui sejarah nenek moyangnya terdahulu. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,