Ubur-Ubur Biru Terdampar di Sepanjang Pantai di Brisbane

Ubur-Ubur Biru Terdampar di Sepanjang Pantai di Brisbane

Ubur-ubur Biru Terdampar di Sepanjang Pantai Australia. (foto - ITV/Charlotte Lawson)

Brisbane - Ribuan ubur-ubur biru keemasan (Catistylus Mosaicus) terdampar di sepanjang garis pantai di Brisbane. Kejadian itu rutin terjadi setiap tahun di Australia. Namun, bedanya kali ini jumlah ubur-ubur terdampar, diperkirakan yang terbanyak dan terbesar dalam sejarah.
 
Dilansir ITV, Jumat (3/2/2017) peristiwa itu dikenal warga Australia dengan sebutan 'Mekar'. Ubur-ubur tersebut terdampar akibat gelombang pasang air laut, yang mengempaskan kawanan ubur-ubur ke garis pantai.
 
Pemandangan ribuan ubur-ubur itu  pun diabadikan dalam jepretan kamera oleh salah seorang warga lokal, Charlotte Lawson. Foto itu menunjukkan jumlah ubur-ubur yang sangat banyak, nyaris menutup seluruh permukaan pasir. Kilauan matahari yang menyinari kawanan ubur-ubur itu menambah indah, yang kilauannya memantul dari badan mereka.
 
"Jumlah mereka sangat banyak dan memang menakjubkan, yang tampak seperti balon di pantai. Hal itu telah terjadi setiap tahun, namun tak pernah sebanyak ini," kata Charlotte. Peristiwa 'Mekar' tersebut biasanya berlangsung hingga seminggu.
 
Sementara itu, ahli biologi kelautan, Dr. Lisa-Ann Gershwin menyebutkan peristiwa mekar kali ini merupakan terbesar yang pernah dilihatnya selama 25 tahun melakukan penelitian, khusus terhadap ubur-ubur.
 
"Ubur-ubur terdampar adalah bagian dari siklus hidup mereka. Angin yang bertiup kencang dan gelombang pasang, yang membuat mereka terdampar ke garis pantai," kata Lisa.
 
menurutnya, adanya kombinasi angin utara dan kondisi air pasang menyebabkan ribuan ubur-ubur menjadi terdampar. Ubur-ubur biru tersebut merupakan jenis catostylus mosaicus yang beracun, namun tidak fatal. Lalu jenis ini dapat tumbuh dengan diameter mencapai 35 sentimeter.
 
Disebutkan, penanganan pertama apabila tersengat ubur-ubur catostylus mosaicus, yakni dengan mandi air hangat yang mampu mengurangi rasa sakit. (Jr.)**
.

Categories:Unik,
Tags:,