Longsor Salju Terjang Afghanistan Menewaskan 38 Orang

Longsor Salju Terjang Afghanistan Menewaskan 38 Orang

Afghanistan diterjang longsor salju yang menewaskan 38 orang. (foto - VOA)

Kabul - Selain Pakistan, negeri di terdekatnya Afghanistan juga diterpa badai salju hebat. Kondisi tersebut memicu longsor salju, yang mengakibatkan 38 orang tewas dalam tiga hari terakhir ini.

Seperti dilaporkan Belfast Telegraph, Minggu (5/2/2017), lebih dari 20 orang mengalami luka-luka. Sementara 20 rumah warga hancur tertimpa longsoran salju. Sementara sekitar 50 bangunan lainnya juga tak terhindar mengalami kerusakan berat.

Lewat serangkaian kejadian dan badai salju turun merata di 22 dari 34 provinsi di Afghanistan, pemerintah setempat mengumumkan hari libur nasional sampai salju mereda.

Insiden serupa terjadi di Desa Sher Shal, Chitral Pakistan. Lonsor salju  sedikitnya menewaskan 14 warga, yang tinggal di daerah pegunungan tersebut. Kolonel Nizamuddin mengungkapkan, korban tewas terdiri atas enam perempuan, enam anak-anak dan dua pria.

Chitral yang termasuk Provinsi Khyber Pakhtunkhwa dengan ibukota Peshawar. Bencana alam yang menimpa Desa Sher Shal menerjang, setelah banjir bandang melintasi provinsi yang sama.

Banjir ketika itu menewaskan 47 orang dan meninggalkan 37 lainnya, dalam keadaan terluka pada April 2016. Di Pakistan sendiri saat ini memang sedang hujan salju. Musim dingin dimulai sejak Desember yang diperkirakan akan berakhir Februari 2017. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,