Polisi Pengawal Anggoro Widjojo Diperiksa Propam

Polisi Pengawal Anggoro Widjojo Diperiksa Propam

Anggoro Widjojo

Bandung - Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Arcamanik Kota Bandung berpangkat Bripka berinisial R, diperiksa Propam Polrestabes Bandung. Hal itu buntut temuan plesiran narapidana Lapas Klas 1 Sukamiskin, Anggoro Widjojo di Aparteman Gateway Kota Bandung.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Polisi Yusri Yunus mengakui, Bripka R melakukan kesalahan prosedur pengawalan Anggoro, yang saat itu izin keluar lapas karena sakit pada 29 Desember 2016.

"Pengobatan selesai, sekembalinya dari rumah sakit mampir di Aparteman Gateway, dan setelah itu kembali ke lapas). Ini ada kesalahan prosedur SOP oleh anggota," kata Yusri di gedung Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Barat, Selasa (7/2/2017).

Seperti diketahui, narapidana kasus korupsi Sistem Komunikasi Radio Terpadu di Kementerian Kehutanan, Anggoro Widjojo, empat kali berkunjung ke Apartemen Gateway, sekitar 3,5 kilometer dari Sukamiskin.

Pada 29 Desember 2016 malam, Anggoro baru kembali ke Sukamiskin naik mobil pribadi yang dikemudikan seorang perempuan. Keluarnya Anggoro terekam dalam video dan foto.

Menurut Yusri, Bripka R mengawal Anggoro berdasarkan surat permintaan pengawalan dari Lapas Sukamiskin. "Ada permintaan narapidana korupsi Anggoro Widjojo untuk izin berobat, dikawal anggota polisi berdasarkan surat bantuan pengawalan lapas," katanya.

Bripka R saat ini menjalani pemeriksaan oleh Pengamanan Internal (Paminal) Propam Polrestabes Bandung, untuk menyelidiki lebih lanjut proses pengawalan. Dalam kurun waktu empat bulan menunjukkan, para napi itu memanfaatkan izin berobat ke luar lapas. Lalu mereka pergi ke apartemen atau rumah kontrakan di kawasan Bandung tanpa pengawalan.

Laporan itu setidaknya menyebut mantan Walikota Palembang Romi Herton yang diduga pergi ke rumah di Jalan Kuningan Raya Nomor 101 Kelurahan Antapani Tengah, sekitar 4,5 kilometer dari Sukamiskin, pada 29 Desember 2016. Di situ tinggal istri muda Romi, Lisa Zako.

Asisten rumah tangga bernama Ayu membenarkan, terpidana kasus suap terhadap Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar pun kerap ke situ. alu narapidana kasus korupsi Sistem Komunikasi Radio Terpadu di Kementerian Kehutanan, Anggoro Widjojo, empat kali berkunjung ke Apartemen Gateway.

Pada 29 Desember 2016 malam, Anggoro baru kembali ke Sukamiskin naik mobil pribadi yang dikemudikan seorang perempuan. Keluarnya Anggoro terekam dalam video dan foto.

Sementara mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin yang tersangkut kasus suap tukar-menukar lahan, kepergok ke rumah kontrakan di Kompleks Panorama Alam Parahyangan, pada akhir Desember lalu. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,