Ribuan Rumah di Filipina Terbakar, 15 Ribu Warga Telantar

Ribuan Rumah di Filipina Terbakar, 15 Ribu Warga Telantar

Ribuan rumah gubuk di Kompleks Parola Tondo samping pelabuhan Manila di Filipina ludes terbakar. (foto - Getty Images)

Manila - Sedikitnya 1.000 rumah gubuk di Kompleks Parola Tondo, samping pelabuhan Manila di Filipina ludes terbakar. Akibatnya, sekitar 15 ribu penduduk kehilangan tempat tinggal.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran setempat, Edilberto Cruz melaporkan, ada tujuh orang ditemukan dalam keadaan terluka akibat kejadian itu. Menurutnya, api menjalar pada Selasa 7 Februari malam waktu setempat.

Seperti dilaporkan The Guardian, Rabu (8/2/2017) api dengan cepat merembet, karena rumah di kawasan itu berhimpitan satu sama lain. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. 

Pemerintah telah membuka tiga posko penampungan darurat untuk warga korban kebakaran. Petugas Kesejahteraan Sosial, Regina Jane Mata menyatakan, makanan dan minuman juga sudah disediakan bagi 3.000 keluarga yang kehilangan rumahnya.

Sementara itu Telegraph melansir, api menjilati bangunan selama lebih dari tujuh jam sebelum berhasil dipadamkan. Warga yang selamat terduduk lemas di jalan-jalan. Beberapa hanya termenung. Masih dalam keadaan terkejut, mereka memegangi baju-baju yang berhasil dikantongi. Ada pula yang sambil memeluk mesin cuci dan menggondol kipas anginnya.

Kebakaran sempat memicu kemacetan, menghalangi akses masuk dan keluar truk di pelabuhan. Setelah api padam, sejumlah warga kembali ke rumahnya untuk mencari barang yang masih bisa diselamatkan.(Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,