Security Princess Google Beri Tips Keamanan Ber-Internet

Security Princess Google Beri Tips Keamanan Ber-Internet

Director of Engineering Google Amerika Serikat (AS) Parisa Tabriz. (foto - ist)

California - Director of Engineering Google Amerika Serikat (AS) Parisa Tabriz memberikan sejumlah tips, agar dalam melakukan aktivitas internet se,akin aman.
 
Wanita yang dijuluki Security Princess di Google itu telah bekerja untuk keamanan informasi di perusahaan Sergey Brin, selama hampir satu dekade.
Dalam pemaparannya, Tabriz membagi tips menjadi lima langkah agar internet lebih aman. Berikut tips yang dimaksud yakni:
 
- Selalu mencurigai bantuan yang tidak diminta/gratis
 
Menurut Tabriz, banyak sekali godaan di internet termasuk iming-iming sesuatu hal atau jasa gratis, hanya dengan satu kali klik. Hal itu rupanya cukup berisiko.
"Jangan tergiur dengan sesuatu yang gratis.
 
Sama saja seperti dunia nyata. Kalau ditawarkan sesuatu secara gratis, harus diwaspadai," katanya melalui video conference kepada awak media dari Hongkong.
 
- Jangan menggunakan kembali atau berbagi kata Sandi yang sama
 
"Sebenarnya ini permasalahan utama, orang-orang menggunakan password yang sama. Tantangannya, bagaimana kita membuat dan mengingat password yang kuat dan unik untuk akun kita," kata wanita yang juga mengajar di Harvard Kennedy School itu.
 
Solusinya, di Google Chrome terdapat aplikasi bernama pasword manager. Di aplikasi tersebut pengguna bisa menyimpan berbagai password yang berbeda dengan aman.
 
 
- Jangan log in di komputer bersama dan memverifikasi pengaturan keamanan akun
 
"Lebih baik kita melakukan verifikasi akun melalui SMS code. Sebab hal itu lebih aman," tegasnya.
 
- Mengetahui seluruh perangkat lunak atau aplikasi yang diinstal pada komputer dan ponsel anda.
 
Dalam hal ini lebih baik menggunakan Google safe browsing. Karena akan bantu memutuskan hal yang berbahaya atau tidak pada komputer kita.
 
- Pastikan program/aplikasi selalu up to date
 
"Kadang orang terlalu malas untuk mengupdate sebuah aplikasi. Padahal, aplikasi tersebut dinamis dan perlu kita update. Di chrome ada autoupdate otomatis," kata Tabriz. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,