Real Madrid Tidak Izinkan Final Copa del Rey di Bernabeu?

Real Madrid Tidak Izinkan Final Copa del Rey di Bernabeu?

Stadion Santiago Bernabeu Madrid Spanyol. (foto - realmadrid)

Madrid - Pertandingan final Copa del Rey 2016/2017 yang mempertemukan Barcelona berhadapan dengan Deportivo Alaves, sepertinya urung dihelat di Stadion Santiago Bernabeu Madrid Spanyol. Pasalnya, Real Madrid selaku pemilik resmi Santiago Bernabeu melarang markasnya digunakan.

Santiago Bernabeu sempat direkomendasikan untuk menjadi venue laga final Copa del Rey musim ini, namun Real Madrid tak mengizinkan kandangnya digunakan untuk pertandingan itu. Presiden El Real, Florentino Perez menyatakan Santiago Bernabeu tidak bisa digunakan karena tengah direnovasi.

"Final Copa del Rey tidak bisa dimainkan di Bernabeu karena ada pekerjaan yang sedang dilakukan. Tidak ada alasan lain," kata Perez.

Seperti dilansir Goal, Jumat (10/2/2017), penolakan yang disampaikan secara resmi oleh Madrid itu membuat pihak penyelenggara Copa del Rey berpikir keras untuk mencari penggantinya. Yakni antara Vicente Calderon (markas Atletico Madrid) dan San Mames (kandang Athletic Bilbao). Pihak Alaves sendiri mengaku lebih memilih San Mames yang dinilai lebih mudah dijangkau oleh para fans-nya.

Padahal, sebelumnya Barcelona mengidamkan partai puncak itu digelar di markas rival mereka Real Madrid, yakni Stadion Santiago Bernabeu. Bernabeu memang menjadi tempat ideal untuk partai final Copa del Rey. Selain merupakan stadion terbesar di Kota Madrid, akomodasi untuk para suporter pun cukup memadai.

Namun demikian, Santiago Bernabeu tak sendirian, markas Atletico Madrid yaitu stadion Vicente Calderon pun masuk dalam daftar kandidat. "Klub melakukan hal yang perlu untuk jadi tuan rumah partai final," kata Presiden Atletico, Enrique Cerezo sebelum Atletico akhirnya tersingkir di semifinal oleh Barcelona.

Sejauh ini, Stadion Santiago Bernabeu telah menghelat 29 partai final Copa del Rey sepanjang sejarah, yang terbanyak dibandingkan dengan stadion lainnya di Spanyol. Terakhir kali stadion ini menghelat partai final Copa del Rey terjadi pada musim 2012/2013.

Pada musim itu, Real Madrid meraih trofi Copa del Rey setelah mengalahkan Atletico Madrid 2-1 lewat masa perpanjangan waktu. Barcelona sendiri sudah tujuh kali menjuarai Copa del Rey di Santiago Bernabeu.

Seperti diketahui, Barcelona lolos ke partai final Copa del Rey setelah menundukkan Atletico Madrid dengan agregat 3-2. Sementara Deportivo Alaves lolos yang sukses mengandaskan Celta Vigo dengan skor tipis 1-0. (Jr.)**

.

Categories:Sepak bola,
Tags:,