Giliran Jabar Selatan Digoyang Gempa Bumi Berskala 5,1 SR

Giliran Jabar Selatan Digoyang Gempa Bumi Berskala 5,1 SR

Jawa Barat bagian selatan digoyang gempa bumi berkekuatan 5,1 SR Senin 13 Februari 2017 pukul 15.12 WIB.

Bandung - Sejumlah wilayah Jawa Barat bagian selatan digoyang gempa bumi berkekuatan 5,1 pada skala Richter (SR), Senin (13/2/2017) sekitar pukul 15.12 WIB.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi dalam siaran persnya menyebutkan hasil pemutakhiran parameter menunjukkan, gempa bumi yang berkekuatan 5,1 SR dengan episentrum terletak di koordinat 7,94 LS-108,22 BT, tepatnya di berada Samudra Hindia di jarak 33 km tenggara Tasikmalaya dengan dengan kedalaman 66 km.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan menunjukkan, beberapa daerah di Jawa Barat seperti Tasikmalaya, Garut, Ciamis dan Cilacap berpotensi mengalami guncangan pada skala intensitas II SIG-BMKG.

Disebutkan, di daerah ini gempa bumi dilaporkan dirasakan oleh warga setempat. Deskripsi dampak gempa bumi pada skala intensitas II SIG-BMKG menunjukkan, gempa bumi tidak berpotensi menimbulkan kerusakan bangunan.

Gempa bumi kali ini termasuk dalam klasifikasi gempa berkedalaman menengah di Zona Benioff, akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia. Hingga pukul pukul 16.00 WIB, hasil pemantauan BMKG menunjukkan, belum terjadi aktivitas gempa susulan.

Sementara hasil pemodelan tsunami yang dilakukan BMKG menunjukkan, gempa tidak berpotensi tsunami. Oleh karena itu, warga di pesisir selatan Jawa Barat diimbau agar tetap tenang, dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,