BIJB Kertajati Siap Operasikan Penerbangan Internasional

BIJB Kertajati Siap Operasikan Penerbangan Internasional

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka. (foto - ist)

Majalengka - Empat perusahaan maskapai penerbangan memastikan diri bakal beroperasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, yang berlokasi di Kabupaten Majalengka Jawa Barat.
 
Maskapai itu telah menandatangani kerja sama dengan PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) pengelola bandara terbesar di Jawa Barat itu. 
 
Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan, keempat maskapai itu telah sepakat untuk beroperasi pada Maret 2018 mendatang. Keempat maskapai itu, yakni PT Citilink Indonesia, PT Sriwijaya Air, PT Nusantara Air Charter (NAC) dan AirAsia.
 
"Yang sudah sepakat Citilink, Sriwijaya, NAC (Nusantara Air Charter) dan AirAsia," kata Virda di lokasi Bandara Kertajati Majalengka. 
 
Menurutnya, BIJB  masih menjajaki kesepakatan dengan maskapai besar lainnya seperti PT Garuda Indonesia, Cathay Pacific, Kalstar hingga Lion Air. "Nanti menyusul Garuda Indonesia, Kalstar dan Lion Air juga belum," katanya. 
 
Ia menjelaskan, dengan landasan pacu atau runway sepanjang 2.500 meter dan lebar 60 meter itu akan ditingkatkan hingga 3.000 meter, sehingga penerbangan internasional dapat dilakukan di bandara tersebut.
 
Apalagi, Pavement Classification Number (PCN) atau nilai ketebalan permukaan landasan pacu sudah berkualitas Internasional.  "PCN 91-121, nanti kalau sudah dioperate lagi itu bisa masuk, jadi secara teknis kalau untuk umrah dan haji sudah bisa, dari Kertajati-Madinah, Kertajati-Mekah," tegas Virda. (Jr.)**
.

Categories:Ekonomi,
Tags:,