Pohon Usia 270 Tahun Tumbang di Singapore Botanic Gardens

Pohon Usia 270 Tahun Tumbang di Singapore Botanic Gardens

Suasana kepanikan para pengunjung Singapore Botanic Gardens ketika pohon berusia 270 tahun tumbang. . (foto - The Star Online)

Singapura -Tay Pei Lei (26 tahun), salah seorang perempuan Singapura mengalami luka, saat berwisata bersama dua orang temannya di Singapore Botanic Gardens, Sabtu lalu. Bagian atas dari pohon yang berusia 270 tahun tumbang, menyebabkan Tay mengalami dislokasi pada bahunya ketika ia berusaha menyelamatkan temannya.
 
Kedua temannya selamat meski mengalami luka ringan. Mereka mengaku trauma atas kejadian itu. "Saya kira pohon itu terlalu tinggi dan memungkinkan untuk jatuh ke arah kami," kata seorang pegawai negeri, yang dibawa ke Rumah Sakit Nasional University untuk dirawat.
 
Dikutip dari Straits Times, Selasa (14/2/2017) dalam insiden yang sama perempuan berkewarganegaraan India, Radhika Angara (38) terjepit di bawah pohon itu dan meninggal. Suaminya Jerome Rouch Sirech (39) dan anak kembarnya yang berusia satu tahun pun terluka. 
 
Mereka berada di lokasi yang hanya berjarak 5 meter dari Tay dan teman-temannya. Tay bukan pengunjung reguler di kebun itu, karena hari di saat insiden itu terjadi cukup berangin. Setelah pohon itu jatuh, pohon kelapa di dekatnya pun ikut tumbang.
 
Dalam waktu singkat kepanikan pun terjadi. Tampak orang-orang berlarian menghindari kejadian itu dan banyak juga yang bergegas membantu. Tay yang saat ini tangannya sedang menjalani perawatan memperkirakan, setidaknya ada 10 orang di dekat pohon yang tumbang. "Semuanya terjadi begitu cepat," katanya.
 
Ia pun diberikan tujuh hari cuti medis dan akan meminta kompensasi dari National Parks Board (NParks) Singapura. Namun, Tay percaya NParks telah melakukan tugasnya dengan melakukan pemeriksaan rutin terhadap pohon-pohon di Kebun Raya tersebut.
 
Pohon warisan itu terakhir diperiksa pada September tahun lalu dan dipastikan dalam kondisi baik. "Menurut saya, yang dapat mereka lakukan sekarang, memastikan pemeriksaan akan dilakukan lebih sering terutama saat musim hujan atau berangin," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,