Uni Eropa Peringatkan Inggris Masalah Polusi Berbahaya

Uni Eropa Peringatkan Inggris Masalah Polusi Berbahaya

Polusi udara di Kota London Inggris sudah semakin membahayakan. (foto - Dailymail)

London - Inggris diperingatkan oleh Uni Eropa (UE), terkait tingkat polusi yang berbahaya di negara Ratu Elizabeth tersebut. Berdasarkan keterangan UE, di antara 16 kota di seluruh Eropa, Kota London, Birmingham, Leeds dan Glasgow di Inggris termasuk dalam daftar kota yang memiliki tingkat polusi berbahaya.

Seperti dilansir ITV, Kamis (16/2/2017) Inggris merupakan salah satu negara yang terus mendapatkan peringatan dari UE, terkait pelanggaran pencemaran udara yang bersumber dari pabrik, kendaraan dan mesin diesel. Tiap tahunnya tercatat sekitar 40 ribu orang di Inggris meninggal akibat polusi berbahaya. 

Sebagian besar dari mereka meninggal akibat penyakit paru-paru dan jantung serta asma. UE memperingatkan Inggris untuk segera menangani masalah polusi tersebut. Apabila gagal, UE mengancam akan membawa masalah tersebut ke Pengadilan Eropa.

"Ini adalah peringatan yang harus dipatuhi. Mereka harus segera mengambil langkah untuk memerangi kualitas udara yang buruk. Polusi berbahaya telah menyebabkan banyak orang menderita penyakit pernapasan dan kardiovaskular," kata Juru Bicara Komisi Uni Eropa, Enrico Brivio.

Enrico menyatakan, UE pun meminta Inggris bersama empat negara anggota lainnya untuk sesegera mungkin mengatasi pencemaran udara.

Menanggapi hal tersebut, Inggris menyatakan siap untuk mematuhi peringatan UE. "Inggris masih resmi tercatat menjadi anggota dari UE. Jadi kami akan sepenuhnya mematuhi hukum yang berlaku dan melaksanakan kewajiban kami," sebut perwakilan Inggris, Alexander Winterstein. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,