7 Titik di Lereng Merapi Longsor Usai Diguyur Hujan Deras

7 Titik di Lereng Merapi Longsor Usai Diguyur Hujan Deras

Gunung Merapi di Kabupaten Klaten Jawa Tengah. (foto - ist)

Klaten - Guyuran hujan deras dengan durasi cukup lama selama dua hari terakhir ini di kawasan Lereng Gunung Merapi, menyebabkan terjadi longsor di tujuh titik. Ketujuh titik longsor tersebut terdapat di Desa Tegalmulyo Kecamatan Kemalang Kabupaten Klaten Jawa Tengah.

Akibat kejadian tersebut, satu rumah mengalami kerusakan, satu rumah terancam longsor dan seorang warga mengalami luka ringan. Akibat lain yang ditimbulkan, sebanyak 5 jalan desa terputus dan terancam terputus.

Petugas BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Klaten, Hartono mengatakan ketujuh titik tersebut berada di tujuh dukuh. Pihaknya telah berkoordinasi dengan RT dan aparat desa setempat guna melakukan penanganan darurat.

"Kerusakan terjadi di jalan Dusun Grinting, Sumur yang tergerus air. Lalu Dusun Gir Tengah dan Canguk ada tebing 8 meter yang longsor. Di Jamuran, Jayan dan Grintingan talud longsor dan mengancam rumah warga," kata Hartono, Kamis (16/2/2017).

Sementara Tim TRC PB BPBD, lanjut Hartono langsung melakukan tindakan dan pemetaan area terdampak. Pihaknya telah berkoordinasi dengan RT dan aparat desa setempat, guna menghitung jumlah kerusakan serta melakukan penanganan darurat.

"Kami sudah berkoordinasi dengan kasie logistik guna pengiriman bronjong kawat, untuk penanganan tanggap darurat. Selain itu, mendistribusikan logistik untuk kegiatan kerja bakti pembersihan dan penanganan darurat," tegasnya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,