Bom Meledak di Kuil Sufi Pakistan Menewaskan 60 Orang

Bom Meledak di Kuil Sufi Pakistan Menewaskan 60 Orang

Bom meledak saat pelaksanaan ritual di Kuil Sufi di Pakistan bagian selatan yang menewaskan 60 orang dan melukai 250 orang lainnya. (foto - Reuters)

Sehwan - Bom bunuh diri meledak di Kuil Sufi Pakistan bagian selatan yang menewaskan 60 orang, serta 250 orang lainnya mengalami luka-luka, Kamis malam waktu setempat. Bom meledak saat pelaksanaan ritual di Kuil Sufi Lal Shahbaz Qalandar di Kota Sehwan Provinsi Sindh Pakistan.

Dikutip dari CNN, Jumat (17/2/2017) Khadim Hussain Rind, Inspektur Jenderal Kepolisian Hyderabad menyatakan, afiliasi ISIS di Afghanistan dan Pakistan, yakni The Islamic State Khorasan mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut.

Sementara kantor berita Amaq yang juga berafiliasi dengan ISIS melaporkan, serangan bom bunuh diri tersebut dilakukan oleh seorang pembom menggunakan rompi peledak. Saat serangan terjadi, ribuan jamaah termasuk keluarga dan anak-anak tengah berkumpul di kuil, untuk melakukan ritual Sufi dari Dhamai.

Kuil itu sendiri telah berumur lebih dari 800 tahun. Perdana Menteri Nawaz Sharif menyebutkan, serangan tersebut sebagai aksi brutal. "Saya telah mengarahkan semua lembaga negara untuk memobilisasi semua sumber daya untuk penyelamatan, dan bantuan setelah serangan teror brutal ini pada kuil Lal Shahbaz Qalandar," katanya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Sindh, Sikandar Mandhro mengatakan ada kerumunan besar berkumpul di sana untuk melakukan ritual keagamaan di kuil. "Tak lama setelah itu terdengar ledakan sangat besar," katanya kepada Aljazeera.

Meski demikian, Sikandar mengakui jika fasilitas medis di Sehwan itu tidak dilengkapi unit penanganan darurat yang besar, sehingga prioritas untuk memberikan bantuan bagi korban luka. "Rumah sakit terdekat jaraknya sekitar 70 kilometer dari kuil," katanya.

Berdasarkan penuturan saksi mata, Nazakat Ali mengaku dirinya sedang berdoa ketika bom meledak. "Ledakan itu terjadi dan semua orang mulai berlarian. Kami terus didorong untuk keluar kuil. Saya melihat darah di mana-mana. Banyak yang terluka parah dan mayat," kata Ali.

Sejauh ini, pihak kepolisian Sindh telah mengamankan lokasi kejadian dan mendatangkan ambulans, serta petugas pemadam kebakaran di lokasi. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,