Jalur Kuningan - Majalengka Terputus Akibat Jalan Amblas

Jalur Kuningan - Majalengka Terputus Akibat Jalan Amblas

Jalan Raya Darma Kuningan Desa Kawahmanuk Blok Wage Cireungit amblas. (foto - ist)

Kuningan - Ruas jalan nasional yang menghubungkan antara wilayah Kuningan dan Cikijing Majalengka terputus akibat jalan amblas, tepatnya di Jalan Raya Darma Kuningan Desa Kawahmanuk Blok Wage Cireungit. 
 
Akibatnya, akses kendaraan baik roda dua, empat maupun truk tak bisa melewati alias terputus, karena amblas nyaris semua bahu jalan, Jumat sekitar pukul 05.30 WIB. "Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Polisi Yusri Yunus, Jumat (17/2/2017).
 
Menurut Yusri, langkah penanganan sudah dilakukan oleh unit Lantas Polres Kuningan dengan melakukan pengalihan arus lalin, dari Kabupaten Kuningan menuju Cikijing maupun sebaliknya. Untuk kendaraan roda dua dan roda empat, dialihkan melalui jalur alternatif Desa Karanganyar Darma-Desa Parung-Cidulang-Cikijing.
 
Kendaraan juga akan dialihkan melalui jalur alternatif lain, dari Kuningan ke Cikijing melalui Desa Jagara-Desa Sakerta Timur-Desa Sakerta Barat-Desa sukarasa lalu keluar ke Desa Cipasung. "Untuk kendaraan roda enam atau lebih dialihkan kembali menuju Jalan Raya Caracas Sumber Rajagaluh Majalengka, begitu pula sebaliknya," katanya.
 
Sementara itu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membantu pengurugan jalur jalan Kuningan-Majalengka yang amblas tersebut. Sejumlah alat berat telah diturunkan ke lokasi, yang menghubungkan Cirebon - Ciamis melalui Kabupaten Kuningan dan Kecamatan Cikijing Kabupaten Majalengka.
 
Menurut Kepala Dinas Bina Marga Jawa Barat Guntoro, Jalan Kuningan-Majalengka merupakan jalan nasional sejak 2016 lalu. "Eks jalan provinsi sejak 2016 menjadi jalan nasional. Namun dinas Binamarga provinsi diminta membantu, dengan melakukan pengurugan jalan ambles tersebut untuk tindak tanggap," katanya.
 
Diduga, amblasnya Jalan Raya Darma Kuningan Desa Kawahmanuk Blok Wage Cireungit yang merupakan jalan nasional penghubung Kabupaten Kuningan-Cikijing Kabupaten Majalengka itu, disebabkan tingginya curah hujan dalam beberapa hari terakhir dan kondisi tanah yang cukup labil. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,