Presiden Myanmar Thein Sein Resmi Menutup KTT ke-25 ASEAN

Presiden Myanmar Thein Sein Resmi Menutup KTT ke-25 ASEAN

suasana penutupan KTT ke-25 ASEAN Myanmar, Kamis (13/11/2014). FOTO ANTARA

Nay Pyi Taw, Myanmar  - Presiden Myanmar Thein Sein secara resmi menutup Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-25 ASEAN dan menyerahkan kepemimpinan ASEAN selanjutnya kepada Malaysia. 

"Ini merupakan sebuah kesempatan besar bagi Myanmar untuk menjalankan masa kepemimpinan ASEAN sejak terdaftar sebagai anggota 17 tahun yang lalu," ujar Thein Sein dalam pidato penutupannya, Kamis (13/11/2014). 

Dalam kesempatan itu, Thein menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh kepala negara atau pemerintahan yang telah bersedia hadir, baik itu dari sesama negara anggota ASEAN maupun negara sahabat diluar keanggotaan ASEAN seperti Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Jepang dan Rusia.

Menurut Thein, hasil dari KTT ini juga sesuai dengan tema yang diusung Myanmar yaitu "Moving Forward In Unity To a Peacefull and Prosperious Community" atau Melangkah Maju Dalam Sebuah Komunitas Yang Damai dan Makmur.

"Kita telah berhasil menjaga dan mempromosikan perdamaian dan stabilitas di dalam kawasanm mempercepat integrasi ekonomi kawasan dan meningkatkan usaha untuk lingkungan sisial-budaya yang harmonis," tambah Thein Sein.

Selain itu, Thein menyatakan bahwa ASEAN telah berhasil mengidentifikasi tantangan yang akan dihadapi sebagai kawasan kedepannya, serta menemukan cara untuk mempererat kapasitas institusional ASEAN dalam meningkatkan ketahanan dan daya saing.(Ode)**

.

Categories:Internasional,