Otak Pembunuh Kim Jong-nam Ditangkap Otoritas Malaysia

Otak Pembunuh Kim Jong-nam Ditangkap Otoritas Malaysia

Kim Jong-nam meninggal di Rumah Sakit Putrajaya Kuala Lumpur Malaysia. (foto - AP)

Kuala Lumpur - Seorang warga Korea Utara (Korut) ditangkap Otoritas Malaysia terkait pembunuhan Kim Jong-nam, kakak pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un. Demikian dilaporkan media berbahasa Mandarin di Malaysia, Oriental Daily. Media itu menyebut, warga Korut itu berusia 47 tahun.

Media Inggris BBC juga melaporkan hal yang sama. Dalam laporannya, mereka menyebut pria Korut yang ditangkap polisi Malaysia teridentifikasi sebagai Ri Jong-chol. Penangkapan dilakukan pada Kamis 16 Februari 2017 di Malaysia. Saat digeledah, ditemukan paspor Korut yang dimiliki oleh terduga pelaku itu.

Seperti Dilansir UPI, Sabtu (18/2/2017) diduga kuat pria itu perekrut dua eksekutor pembunuh Jong-nam. Salah soerang pelaku eksekutor disebutkan berasal dari Indonesia. Media tersebut menyatakan, dari keterangan Kepolisian Malaysia, pria yang ditangkap itu adalah otak dari perencanaan pembunuhan.

Selain itu, Jong-chol merupakan pihak pertama yang melakukan kontak dengan pelaku pembunuhan asal Indonesia, Siti Aisyah. Kematian Jong-nam dikonfirmasi Kepolisian Malaysia pada 15 Febuari 2017. Pria itu tewas di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur.

Kepala Departemen Investigasi Kriminal Kepolisian Wilayah Selangor, Asisten Komandan Senior Polisi Fadzil Ahmat mengatakan, kejadian berlangsung pada pukul 21.00. Saat itu, Jong-nam tengah menunggu pesawat yang akan berangkat ke Macau, yang dijadwalkan lepas landas pada pukul 22.00.

"Awalnya, ia terlihat bertanya kepada petugas keberangkatan bandara, ada seseorang merangkulnya dari belakang dan menyemprotkan cairan ke wajahnya," sebut Ahmat seperti dikutip dari The Star. "Ia pun meminta tolong kepada resepsionis bandara. Mereka lalu mengantar dia ke klinik yang berada di bandara," katanya.

Setelah itu Jong-nam mengaku pusing. Anak Kim Jong-il itu pun sempat kejang-kejang. "Ia dibawa menggunakan tandu dan dilarikan langsung ke rumah sakit di Putrajaya. Di tempat itu, Jong-nam diumumkan meninggal dunia. Kami akan melakukan penyelidikan mendalam terkait hal itu," sebut Ahmat. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,