Emil Remikan Trotoar Jalan Dago Sekaligus Meriahkan CFD

Emil Remikan Trotoar Jalan Dago Sekaligus Meriahkan CFD

Emil Remikan Trotoar Jalan Dago Sekaligus Meriahkan CFD Minggu 19 Februari 2017. (foto - ist)

Bandung - Walikota Bandung Ridwan Kamil meresmikan trotoar yang terletak di Jalan Ir. H Djuanda, sekaligus memeriahkan kegiatan mingguan Car Free Day (CFD) Dago, Minggu (19/2/2017).

Berpenampilan santai, Kang Emil mengenakan pakaian serba hitam dan kaos, berjalan dari Jalan Dago hingga kediaman dinasnya diJalan Dalem Kaum Kota Bandung.

Sepanjang perjalanan, warga pun tampak berduyun-duyun mengikuti orang nomor satu di Kota Bandung itu berjalan kaki. Menurut Emil, peresmian trotoar di Jalan Ir. H Djuanda, sebagai salah satu dari 19 trotoar yang ada di Kota Bandung yang telah dilakukan perbaikan.

"Ini merupakan trotoar yang paling panjang dan paling istimewa, serta menunjukkan bagaimana pedestrian itu lebar dan berguna sebagai ruang ekologis yang memadai," katanya.

Emil juga mengaku trotoar yang telah direvitalisasi saat ini telah memenuhi standar, terutama untuk para penyandang disabilitas. "Insya Allah setiap tahun kami akan cicil sekitar 15-20 lokasi, karena terbatas dana," katanya. 

Perjalanannya menyusuri trotoar yang telah tampak nyaman dan ramah bagi pejalan kaki itu, menggugah Emil kepada ingatan di masa kecilnya, saat masih bersekolah di SD Banjarsari di Jalan Merdeka.

Ia pun bekisah, dirinya pernah berjalan kaki mulai dari Jalan Merdeka hingga Jalan Ir. H Djuanda, karena tak punya ongkos saat pulang sekolah. "Ini mengingatkan saya pada masa kecil usia 7 tahun, bersekolah di SD Banjarsari. Ketika itu saya kehilangan ongkos dan memutuskan berjalan kaki, dan ternyata sampai," katanya.

Ia juga mengklaim, di jaman dialah trotoar di Bandung menjadi nyaman dan indah, untuk pejalan kaki. "Butuh waktu selama 39 tahun trotoar di Bandung menjadi lebih baik dan nyaman untuk anak kecil, serta orangtua maupun kaum disabilitas," ungkapnya. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,