Terkuak Identitas 10 Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam

Terkuak Identitas 10 Tersangka Pembunuh Kim Jong-nam

Konferensi pers di Markas Kepolisian Malaysia Bukit Aman Malaysia, Minggu (19/2/2017) sore. (foto - Twitter)

Bukit Aman - Sedikitnya ada 10 orang yang diduga terlibat dalam upaya pembunuhan Kim Jong-nam di Terminal II Bandara Internasional Kuala Lumpur, pada Senin 13 Februari 2017 lalu. Delapan orang di antaranya pria dan dua orang lagi perempuan.
 
Demikian dikatakan Deputi Kepolisian Diraja Malaysia Inspektur Jenderal Tan Sri Noor Rashid Ibrahim, terkait hasil penyelidikan terkini kasus pembunuhan Lim Jong-nam. Ia katakan saat menggelar konferensi pers di Markas Kepolisian Malaysia Bukit Aman, Minggu (19/2/2017) sore.
 
Dikutip dari The Star, sejauh ini empat tersangka sudah ditangkap, tiga orang masih pencarian dan empat lainnya diyakini sudah kabur kembali ke negara asalnya di Korea Utara. Sementara identitas keempat tersangka yang diduga melarikan diri dari Kuala Lumpur ke Pyongyang, tepat pada hari kematian Kim Jong-nam.
 
Di antaranya: 1. Ri Ji-hyon (33) tiba di Malaysia pada Sabtu 4 Februari 2017. 2. Hong Song-hac (34) tiba di Malaysia pada Selasa 31 Januari 2017. 3. O Jong-gil (55) tiba di Malaysia pada Selasa 7 Februari 2017. 4. Ri Jae-nam (57) tiba di Malaysia pada Rabu 1 Februari 2017. 
 
"Kami bisa mengonfirmasi, keempatnya kembali ke negara asalnya pasca-penyerangan pada hari yang sama. Saat ini kami bekerja sama dengan Interpol (polisi internasional) dan instansi lain yang relevan di kawasan Asia Pasifik," kata Tan Sri Noor.
 
Menurutnya, keempat warga Korea Utara itu diperkirakan telah tiba di Pyongyang pada 17 Februari 2017. Dalam penyelidikannya, Kepolisian Malaysia menemukan keempat pelaku yang disebutkan di atas tidak memiliki paspor diplomatik.
 
Soal status para pelaku sebagai intelijen Korut atau bukan, Tan Sri Noor menolak mengonfirmasi. Ia juga tidak mau berkomentar soal pernyataan dua tersangka perempuan yang ditahan, mereka mendekati Kim Jong-nam dengan maksud hanya mengerjainya.
 
Selain keempat orang itu, polisi juga merilis tiga terduga lain yang terekam kamera CCTV bandara duduk di restoran dekat lokasi kejadian. Mereka tampak mengawasi pekerjaan Siti Aisyah (WNI) dan Doan Thi Huong (Vietnam).
 
Dua pria yang menjadi terdakwa belum diketahui nama maupun latar belakang lainnya. Namun salah seorang di antara mereka terdata sebagai Ri Jil U atau James berusia 30 tahun. Polisi meminta siapa pun yang mengenali para tersangka untuk segera melapor.
 
Keempat tersangka lain yang sudah berada tahanan Kepolisian Malaysia, yakni Doan Thi Huong (Vietnam) yang ditangkap pada 15 Februari 2017, Siti Aisyah (WNI) dan kekasihnya pria berkewarganegaraan Malaysia sehari setelahnya, terakhir adalah Ri Jong-chol (pria asal Korea Utara).
 
Keempat tersangka yang ditangkap yaitu Ri Jong-chol dan diyakini sebagai ahli kimia. Polisi mengungkap Ri Jong-chol adalah lulusan farmasi, dan sekarang bekerja di perusahaan teknologi di Malaysia. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,