Pemprov Bakal Libatkan Bank bjb Bangun Geopark Ciletuh

Pemprov Bakal Libatkan Bank bjb Bangun Geopark Ciletuh

Pesona Geopark Nasional Ciletuh di Kabupaten Sukabumi. (foto - Twitter)

Bandung - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan akan melibatkan Bank bjb, dalam rangka pembangunan fasilitas geopark Ciletuh Sukabumi. Pihaknya menunjuk bjb untuk terlibat penuh, dalam melayani kebutuhan transaksi keuangan pengunjung.
 
"bjb kita ikut-sertakan di Ciletuh untuk layanan perbankan," kata Aher, Rabu (22/2/2017). Menurutnya, bank pembangunan daerah yang saham mayoritasnya dimiliki Pemprov Jabar, akan berkesempatan memberikan layanan perbankan yang saat ini masih minim. 
 
"Para pengunjung kemana pun ia datangi harusnya ada kemudahan layanan perbankan, sehingga bjb nanti perlu ada di sana," katanya. Meski Ciletuh berada di pelosok dari segi prasarana, tak boleh kalah dengan destinasi wisata yang ada di perkotaan.
 
Selain membangun infrastruktur menuju kawasan Geopark Ciletuh, Pemprov Jabar juga telah melakukan penandatanganan kesepakatan bersama pengembangan kawasan itu dengan sejumlah pihak, seperti Pemkab Sukabumi, PTPN VIII, PT Biofarma, PD Jawi, Bank bjb, Universitas Padjadjaran hingga forum penggerak pariwisata.
 
"Bentuk keja sama kita bersama untuk terus mengembangkan Geopark Nasional Ciletuh menjadi UNESCO Global Geopark, dokumennya pun sudah kita siapkan," tegasnya.
 
Aher menyatakan, Geopark Ciletuh Sukabumi saat ini tengah diproses untuk dinilai menjadi UNESCO Global Geopark (UGG). April mendatang, tim penilai dari UNESCO akan datang untuk melihat kesiapan Ciletuh yang saat ini sudah memiliki status geopark nasional.
 
"Persiapan sudah semakin intensif, termasuk persiapan sarana prasarana," tambah Aher. Salah satu penyiapan sarana dan prasarana tersebut, yakni adanya layanan perbankan di lokasi wisata, edukasi dan perlindungan alam. (Jr.)**
.

Categories:Wisata,
Tags:,