Tim Saber Pungli Awasi Proses Rekrutmen Anggota Polisi

Tim Saber Pungli Awasi Proses Rekrutmen Anggota Polisi

Anggota Polwan Polres Bandung membagikan sembako di wilayah pengungsian korban banjir. (foto - ilustrasi)

Bandung - Proses rekrutmen anggota Polri Program Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana (SIPSS) di Polda Jabar, bakal diawasi langsung oleh Tim Saber Pungli. Hal itu dimaksudkan untuk mengantisipasi adanya praktik pungutan, selama proses rekrutmen dimulai bulan depan.
 
"Tim Saber pungli dari Mabes Polri dan Polda Jabar akan turun langsung selama proses rekrutmen," kata Karo SDM Polda Jabar Kombes Pol Hindra Susfitri di Bandung, Jumat (24/2/2017).
 
Menurut Hindra, disertakannya tim Saber Pungli tersebut untuk mengantisipasi adanya kecurangan selama proses rekrutmen anggota Polri. Tim ini tak segan-segan menindak jika ditemukan adanya praktik pungutan, selama proses rekrutmen dilaksanakan.
 
"Mereka yang menawarkan, baik dari unsur panitia maupun siapa pun orang yang memberinya, juga akan kena. Dan itu akan diperiksa langsung," katanya.
Selain itu, sejumlah pejabat utama di Polda Jabar dan seluruh unsur panitia daerah penerimaan sudah diambil sumpah, untuk tidak berbuat curang dalam proses rekrutmen.
 
Dengan demikian, dipastikan jika proses rekrutmen dapat berjalan clean and clear, sesuai prinsip Mabes Polri."Nantinya proses itu bersih dan objektif. Pungli atau rekayasa tidak ada lagi, ketentuan akan disesuaikan langsung oleh Mabes Polri," tegas Hindra.
 
Sebagai panitia daerah, Polda Jabar membuka kesempatan bagi masyarakat yang ingin menjadi anggota Polri melalui program SIPSS. Proses pendaftaran secara online sedang berjalan dan berakhir pada 28 Februari 2017. Proses seleksi dimulai 1 Maret hingga 12 Maret 2017.
 
pada sisi lain, ia mengimbau calon peserta diminta untuk tidak tergiur oleh janji-janji oknum yang bisa meloloskan masuk menjadi anggota Polri. Selama ini banyak anggapan masyarakat jika masuk menjadi anggota Polri, harus membayar sejumlah uang. 
 
Menurutnya, hal itu tidak dibenarkan. "Masuk sebagai anggota polisi itu gratis, kalau ada yang menawarkan masuk dengan membayar jangan percaya. Jangan mau memberi uang karena dua-duanya bisa kena sanksi," katanya.
 
Masyarakat atau calon peserta lebih baik mengikuti segala proses dengan jujur. Persiapan yang matang, dapat membantu masyarakat untuk bisa lolos menjadi anggota Polri. "Persiapkan sedini mungkin. Cek kesehatan dulu, latihan fisik dan psikologi, sehingga jika dites hasilnya bagus tanpa ada kecurangan," katanya. (Jr.)**
.

Categories:Bandung,
Tags:,