Cegah Kontaminasi Zat VX Malaysia Sterilkan Bandara KLIA

Cegah Kontaminasi Zat VX Malaysia Sterilkan Bandara KLIA

Pemerintah Malaysia sterilkan Kuala Lumpur International Airport (KLIA) 2. (foto - ist)

Kuala Lumpur - Bandara KLIA 2 disterilkan untuk mencegah terjadinya kontaminasi, sejak pemerintah Malaysia mengumumkan VX sebagai penyebab kematian Kim Jong-nam. Meski begitu, sejauh ini belum ada laporan soal penumpang yang sakit, akibat terkontaminasi zat tersebut.
 
Dilaporkan Reuters, Jumat (24/2/2017) secara otoritas Malaysia mulai membersihkan KLIA 2 dari kontaminasi zat VX. "Kami sekarang sedang membersihkan bandara dari kontaminasi VX," kata Kepala Kepolisian Malaysia Khalid Abu Bakar.
 
Menurutnya Abu Bakar, salah seorang wanita yang mengusapkan zat tersebut ke wajah Kim pun, dilaporkan sempat muntah-muntah. Namun, ia menolak menyebutkan nama perempuan itu. Kim meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit, tak lama setelah pertemuan dengan dua perempuan di Kuala Lumpur International Airport 2, 13 Februari 2017 lalu. 
 
Salah satunya Siti Aisyah, warga negara Indonesia. Kedua perempuan itu dituduh menyergapnya, dan mengoleskan zat beracun ke wajahnya dengan kain yang sudah dilumuri zat yang diyakini adalah VX.
 
Hampir dua pekan setelah Kim Jong-nam tewas otoritas kepolisian Malaysia mengumumkan, penyebab kematian kakak tiri Kim Jong-un itu adalah zat pelumpuh saraf yang sangat beracun. 
 
Sementara BBC mengutip laporan toksikologi Malaysia melansir, zat kimia tersebut diidentifikasi sebagai "zat saraf VX" yang oleh PBB diklasifikasikan sebagai senjata pemusnah massal.
 
Seperti diketahui, Kepala polisi Malaysia Khalid Abu Bakar mengatakan, keberadaan zat saraf VX terdeteksi pada sisa sekaan, yang diambil dari mata dan wajah Kim oleh Departemen Kimia Malaysia. Ia menambahkan, zat lainnya sejauh ini masih dianalisis. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,