Tanggul Kali Cipakancilan Jebol Belasan Motor Terseret Banjir

Tanggul Kali Cipakancilan Jebol Belasan Motor Terseret Banjir

Belasan sepeda motor milik pelajar SMAN 2 Bogor terseret banjir. (foto - ist)

Bogor - Tanggul aliran Kali Cipakancilan jebol akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bogor. (27/2/2017) siang. Hal itu menyebabkan banjir yang menyeret belasan sepeda motor milik pelajar SMAN 2 yang berlokasi di Jalan Keranji Ujung Komplek Budi Agung Kelurahan Sukaresmi Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor.

Menurut Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bogor Ganjar Gunawan, tingginya muka air Kali Cipakancilan menyebabkan tanggul jebol, sehingga air tumpah ruah ke area sekolah. Peristiwa itu mengakibatkan belasan motor siswa yang parkir di lapangan belakang menjadi korban Banjir. 

Sejumlah sepeda motor hanyut bersama arus air yang kencang sejauh 100 meter. Puluhan sepea motor lainnya pun terendam banjir. "Saat ditemukan motor bertumpukan di pinggir kali dan di parkiran. Kemungkinan ada sekitar 15 motor yang hanyut," kata Ganjar.

Menurutnya, saat ini tim rescue sedang melakukan evakuasi mengangkat sepeda motor yang hanyut terbawa arus banjir. Namun begitu pihaknya belum menerima laporan detail terkait jumlah kendaraan yang terseret arus. "Jumlah kendaraan yang terseret, kami menunggu laporan," katanya.

Sementara itu BNPB melaporkan, banjir di Kelurahan Sukaresmi Kota Bogor mengakibatkan selain belasan sepeda motor siswa SMAN 2 terseret banjir, juga tiga rumah warga terendam.

"Satu unit rumah rusak berat atas nama Hamid, dua unit rumah rusak sedang atas nama Wawan dan Aseng," kata  Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya.

Banjir tersebut terjadi sekitar pukul 14.55 WIB, karena tanggul tidak dapat menahan terjangan air dan jebol. "Dua orang meninggal dunia atas nama Anita Fauziah (25) dan Dzia Mahira Zikra (4)," kata Sutopo. Sejauh ini, BPBD Kota Bogor dan Tagana Dinsos Kota Bogor masih melakukan penanganan. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,