Jatuh Miskin, Mantan Atlet Soviet Itu Jual Medali Olimpiade

Jatuh Miskin, Mantan Atlet Soviet Itu Jual Medali Olimpiade

Olga Korbut. (foto - Getty Images)

Arizona - Mantan atlet gimnastik Uni Soviet yang penampilannya memukau di Olimpiade Munich 1972, Olga Korbut dikabarkan terlilit utang. Karena kesulitan keuangan ia pun menjual sejumlah medali dan memorabilia Olimpiadenya.
 
Dilansir The Guardian, Rabu (1/3/2017) Heritage Auctions, salah satu rumah gadai di AS mengonfirmasi, sedikitnya 32 benda termasuk dua medali emas dan satu perak dari Olimpiade Munich terdaftar untuk dijual. Seluruhnya penjualan mencapai 333 ribu dolar AS, dalam penjualan online pada akhir pekan lalu.
 
"Medali-medali itu menyelamatkan Korbut dari kelaparan," tulis media Rusia gazeta.ru. Media itu menambahkan Korbut pindah ke AS pada 1991, untuk menyambung hidup di Negeri Paman Sam. Ia menjadi guru gimnastik dan dalam beberapa tahun ini hidupnya melarat.
 
Penjualan tertinggi ia dapatkan dari medali emas Olimpade Munich yang terjual 66 ribu dolar AS. Korbut juga menjual matras emasnya, medali perak untuk cabang asimetris dan medali emas serta perak untuk kategori kelompok yang ia menangkan di Olimpade Montreal 1976.
 
Di antara barang-barang lain yang ia jual adalah baju senamnya yang merupakan penghargaan dari BBC, dan berbagai medali dari Soviet serta kejuaraan lainnya. Korbut kini berusia 61 tahun dan tinggal di Scottdale Arizona. 
 
Perempuan itu lahir di Belarusia dan pernah membuat penonton Olimpiade Munich terpana, lewat penampilan akrobatik serta tekniknya. Saat itu ia masih berusia 17 tahun dan dikenal sebagai 'Burung Pipit dari Minks'. Ia hanya setinggi 1,5 meter dengan berat 38 kg dan memenangkan 3 emas dan 1 perak.
 
Pada Olimpiade Monteral, ia kembali mendapat emas dan perak saat melawan pesenam ajaib dari Rumania Nadia Comaneci. Korbut adalah atlet gimnastik yang memelopori langkah spektakuler di bar asimetris. Ia melakukan backflip dari berdiri di atas bar yang tinggi lalu lompat ke belakang, dan kemudian berpegangan pada tiang.
 
Langkah itu kemudian dikenal sebagai Flip Korbut. Gaya itu sekarang telah dilarang dari Olimpiade karena terlalu berbahaya. Dari tahun 1978 sampai 2000, ia menikah dengan Leonid Bortkevich, penyanyi folk Belarusia. Bersamanya, Korbut memiliki seorang putra, Richard, lahir tahun 1979.
 
Setelah mendapatkan warga negara AS lewat naturalisasi, Korbut sekarang menjadi guru gimnastik pribadi. Ia sempat merayakan ulang tahun ke-40 kemenangan Munichnya, dengan tampil di Olimpiade 2012 London. (Jr.)**
.

Categories:Olahraga,
Tags:,

terkait

    Tidak ada artikel terkait