Sempat Tertutup Longsor, Jalan Raya Cipanas Bisa Dilalui

Sempat Tertutup Longsor, Jalan Raya Cipanas Bisa Dilalui

Tebing longsor menutup Jalan Raya Cipanas, Lembah Koi Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. (foto - ist)

Cianjur - Arus lalu lintas di kawasan Cipanas tepatnya di Jalan Raya Cipanas, Lembah Koi Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur kembali normal. Sejak sore hari petugas mengevakuasi material longsoran dari tebing setinggi 15 meter, yang sempat menutup akses jalan itu.

"Sudah bersih, arus lalu lintas juga sudah lancar sejak pukul 17.00 WIB setelah dibersihkan," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, Kamis (2/3/2017). Material longsor berupa tanah, batu dan pohon sempat menutup akses jalan utama menuju Puncak Bogor dan Jakarta.

Akibatnya, ruas jalan itu tidak dapat dilalui kendaraan roda empat maupun roda dua,  kemacetan pun meluas hingga beberapa kilometer. "Namun, tim gabungan dari BPBD, polisi dan dinas terkait langsung mengevakuasi dan membersihkan longsoran tersebut," katanya.

Menurut Asep, untuk mengatasi hal itu pihaknya menyemprotkan air ke badan jalan yang terimbas longsor agar jalan tidak licin. "Arus lalu lintas sekarang sudah kembali normal," tegasnya.

Seperti diketahui, tebing setinggi 15 meter longsor menutup akses jalan utama Cianjur-Bogor Jawa Barat, Kamis siang menjelang sore sekitar pukul 14.30 WIB. Material longsoran pun menutup badan jalan menuju kawasan Puncak Bogor sepanjang 10 meter.

Asep mengatakan, longsor terjadi akibat kondisi tebing yang sudah labil, belum lagi hujan deras selama sepekan terakhir memperparah kondisi tebing. "Hujan yang intens terjadi sejak pukul 13.00 WIB berakibat terjadinya longsor di lokasi itu. Longsor terjadi pukul 14.30 WIB," katanya.

Menurutnya, selain material tanah, sejumlah pohon yang berada di puncak tebing pun ikut terbawa longsor. Ukurannya yang cukup besar menutup badan jalan dan menghambat arus lalu lintas. "Tanah yang tergerus longsor hanya sebagian kecil. Namun, pohon yang jatuh memang menjadi penghambat utama lalu lintas," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,