Cina Bakal Luncurkan Stasiun Luar Angkasa pada 2018

Cina Bakal Luncurkan Stasiun Luar Angkasa pada 2018

Cina Bakal Luncurkan Stasiun Luar Angkasa pada 2018. (foto - ist)

Beijing - Sebuah proyek pembangunan stasiun luar angkasa milik pemerintah Cina, dikabarkan telah rampung, yang akan segera diluncurkan pada 2018 mendatang.
 
Seperti dikutip dari Daily Mail, Jumat (3/3/2017) stasiun luar angkasa yang dinamai Tianhe-1 tersebut terlebih dahulu akan dilakukan tahap pengujian, sebelum bisa dioperasikan. Tianhe-1 diharapkan bisa selesai sepenuhnya pada 2022.
 
"Komponen pertama telah selesai dan saat ini akan dilakukan tahap pengujian. Kemudian akan diluncurkan pada tahun depan, diikuti oleh peluncuran komponen yang lain," kata Perwakilan China Aerospace Sains dan Technology Corporation, Bao Weimin.
 
Sementara kantor berita Xinhua menyebutkan, Tianhe-1 yang memiliki bobot sekitar 20 ton tersebut ukurannya masih lebih kecil ketimbang Stasiun Luar Angkasa Internasional.
 
Sebelumnya, Cina juga telah memiliki stasiun ruang angkasa di orbit rendah. Namun, stasiun tersebut saat ini sudah tidak berfungsi dan rencananya akan diturunkan kembali ke bumi pada akhir 2017.
 
Cina sebagai negara yang digadang-gadang akan menjadi negara adidaya baru, terus mengembangkan beberapa proyek luar angkasa selama beberapa tahun terakhir.
 
Negeri Tirai Bambu tersebut berambisi untuk menjadi negara pertama yang mendarat di sisi paling jauh dari bulan. Cina juga berencana menjelajahi Planet Mars pada 2020, untuk melakukan eksplorasi besar-besaran dan membawa sampel dari "Planet Merah" tersebut yang nantinya akan diteliti di Bumi.
 
Wakil Direktur China National Space Administration, Wu Yanhua menyatakan, penjelajahan ke Planet Mars merupakan upaya untuk mencapai misi Cina, sebagai negara dengan kekuatan luar angkasa yang canggih dalam 13 tahun ke depan. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,