Mercedes Indonesia Tanggapi 'Recall' Satu Juta Unit Mobil

Mercedes Indonesia Tanggapi 'Recall' Satu Juta Unit Mobil

Mercedes Benz bakal menarik (recall) sebanyak 1 juta mobil di seluruh dunia. (foto - ilustrasi)

Jakarta Mercedes Benz bakal menarik (recall) sebanyak 1 juta mobil di seluruh dunia, lantaran ada pada sekring yang bisa menyebabkan mobil terbakar. Sedikitnya, sudah ada 51 laporan yang masuk ke pihak Mercedes Benz terkait masalah itu, yang terbanyak dari Amerika Serikat. 
 
Dikutip dari MailOnlineJuru bicara Daimler AG (induk perusahaan Merceces Benz) menyampaikan, model yang di-recall adalah A Class, B Class, C Class, E Class serta CLA, GLA dan GLC. Mobil itu tergolong baru yang merupakan model 2015-2017.
 
Menurut Deputy Director of Sales Operation MBC and Network Development Mercedes Benz Indonesia, Kariyanto Hardjosoemarto, sampai saat ini pihaknya masih menunggu arahan langsung dari kantor pusat. 
 
"Kalau di Indonesia terus terang kami belum menerima informasi dari kantor pusat, apakah di Indonesia ada terkena dampaknya atau tidak. Kami juga belum bisa memberikan konfirmasi berapa unit atau lainnya," kata Kariyanto, Senin (6/3/2017).
 
Ia menjelaskan, dari daftar mobil yang akan di-recall beberapa di antaranya memang dipasarkan di Indonesia. Namun ada juga unit yang sudah dirakit secara lokal di pabrik Mercedes Benz, Wanaherang Bogor Jawa Barat. 
 
"Kami di sini punya fasilitas complete knock down (CKD), terutama yang kita jual untuk tipe utama seperti GLE, GLC, GLS dan lainnya. Kalau secara tipe ada C-Class dan E-Class, sama juga seperti dipasarkan di sini tapi kalau C-Class dan E-Class kan sudah kami produksi di sini CKD-nya. Jadi memang kalau ditanya berapa unit kami belum menerima edaran dari kantor pusat," tegasnya. 
 
Mercedes Benz akan memulai recall kendaraan di Amerika Serikat begitu suku cadang tersedia, yakni pada Juli. AS merupakan salah satu negara dengan jumlah kendaraan terbanyak yang di-recall, yakni mencapai 307.629 unit. 
 
Namun demikian, ia tidak menyebutkan perincian untuk negara lainnya. Yang jelas, Amerika Serikat merupakan satu dari tiga pasar terbesar Mercedes Benz, selain Cina dan Jerman. (Jr.)**
.

Categories:Otomotif,
Tags:,