Pertamakali Perayaan Hari Musik Nasional di Istana Negara

Pertamakali Perayaan Hari Musik Nasional di Istana Negara

Raisa dapat hadiah sepeda setelah diminta menyanyi oleh Jokowi. (foto - ist)

Jakarta - Sejumlah pelaku industri musik menghidupkan suasana Istana Negara, guna memperingati Hari Musik Nasional untuk pertamakalinya. Sejumlah musisi Tanah Air lintas generasi yang tergabung dalam Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI), larut dalam kegiatan itu, Kamis (9/3/2017).

Istana Negara seakan bertransformasi menjadi sebuah panggung bagi para musisi nasional. "Saya senang sekali hari ini karena hadir artis-artis, seniman musik dan penyanyi yang saat saya kecil, yang waktu saya muda, hampir semuanya saya kenal," kata Presiden Jokowi.

Pada siang itu, sambutan yang diberikan oleh Kepala Negara tak seperti biasanya. Obrolan ringan yang diiringi dengan candaan kepada para musisi yang hadir pun, seakan menjadi penyegar suasana.

Namun, Presiden sempat mengutarakan pandangannya soal musik. Baginya, musik adalah sebuah seni bercerita. Musik pula yang terkadang mampu membuat suasana menjadi lebih optimis. "Lewat musik kebenaran bisa disampaikan secara apa adanya. Ini yang saya senang. Masuk ke dalam hati dan pikiran kita semuanya," katanya.

Ia juga menyampaikan harapannya, terkait keberadaan dan perkembangan musik di Tanah Air. Sebagai putra bangsa, tentunya beliau menginginkan musik-musik lokal mampu eksis bahkan mendominasi di negerinya sendiri.

"Kita semua ingin agar musik Indonesia mendominasi semua tempat, ruang, kalangan yang ada di Tanah Air kita. Bukan musik-musik dari Barat atau negara lain. Inilah yang terus kita upayakan agar betul-betul menjadi tuan rumah dan mendominasi di negara sendiri," katanya.

Perayaan Hari Musik Nasional 2017 di Istana Negara begitu cair. Bahkan, Jokowi sampai memanggil beberapa artis untuk bernyanyi ke depan. Antara lain ada Andre Hehanusa, Bimbo serta Raisa.

Mereka dipanggil ke depan untuk menyanyikan lagu-lagu nasional dan juga lagu, yang secara khusus diminta Jokowi. Misalnya, ketika Andre Hehanusa maju ke depan, ia membawa serta pencipta lagu Widuri, Slamet Adriyadi. "Ini pencipta lagu Widuri, Bapak Slamet Adriyadi," kata Andre Hehanusa.

Lalu Jokowi pun menyanyikan lagu Widuri bareng Andre Hehanusa dan juga Slamet Adriyadi. Setelah itu, Jokowi memanggil group musik Bimbo untuk maju ke depan. "Ini Mas Sam Bimbo, Mas Acil Bimbo dan Mas Jaka Bimbo. Kalau di Garut Jaka, kalau di Jawa Joko. Joko dan Jaka," kata Jokowi disambut gelak tawa hadirin.

Bimbo lantas menyanyikan lagu Sajadah Panjang. Jokowi pun ikut bernyanyi bersama Bimbo, di mana pada tahun ini Bimbo merayakan 50 tahun usianya. "Saya berharap Pak Jokowi bisa mengawasi kami saat menggelar konser untuk menandai 50 tahun kami," kata Acil Bimbo.

Terakhir yang diminta maju ke depan untuk bernyanyi, yakni Raisa. Raisa pun menyanyikan lagu Indonesia Pusaka di samping Jokowi. Raisa bernyanyi tenang dengan suara khasnya, lalu diikuti oleh Jokowi sedikit-sedikit.

"Harapannya, sama seperti Bapak Presiden, musik Indonesia dapat merajai Indonesia. Namun sekarang sudah dapat dilihat dari konser-konser musisi lokal yang semua habis terjual," kata Raisa. (Jr.)**

.

Categories:Musik,
Tags:,