BPOM Memastikan Tidak Ada Narkoba di Permen Dot Anak

BPOM Memastikan Tidak Ada Narkoba di Permen Dot Anak

Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito memastikan tidak ada kandungan narkoba dalam permen dot anak. (foto - ist)

Malang - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memastikan, tidak ditemukan kandungan narkotika dalam permen berbentuk dot bayi. Sebelumnya beredar kabar permen dot bermerek Penguin Brand mengandung narkotika.
 
Kepala BPOM Penny Kusumastuti Lukito menjelaskan, permen dot telah mengantongi izin dan dinyatakan aman. Selain itu berdasarkan uji kandungan sampel permen dot di sejumlah daerah di wilayah Jawa Timur terbukti negatif narkotika.
 
"Dari dua belas parameter pengujian yang digunakan, BPOM menyimpulkan hasilnya negatif dari narkotika. Permen tersebut telah mendapatkan izin BPOM," kata Penny di Malang, Kamis (9/3/2017).
 
Menurutnya, selain negatif narkoba, permen asal Tiongkok itu juga dinyatakan bebas pewarna Rhodamin B dan formalin. BPOM mengimbau masyarakat tidak panik menyikapi isu peredaran permen mengandung narkoba.
 
"Masyarakat tetap harus waspada, jika ada makanan yang mencurigakan bisa segera melapor pada kami. Masyarakat juga harus mampu menjadi konsumen cerdas dengan memeriksa makanan yang telah memiliki izin edar BPOM," tegas Penny. 
 
Isu peredaran permen mengandung narkoba kali pertama diketahui menyebar di kalangan sekolah. Bahkan, Pemerintah Kota Surabaya melakukan pemeriksaan dan merazia sejumlah permen dot, yang diduga mengandung narkotika, pewarna dan formalin. (Jr.)**
.

Categories:Daerah,
Tags:,