Ratusan Warga Cinangsi Cililin Terancam Longsor Susulan

Ratusan Warga Cinangsi Cililin Terancam Longsor Susulan

Sejumlah rumah di Kampung Cinangsi Desa Karangtanjung Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat mengalami rusak berat setelah diterjang longsor Jumat malam. (foto - ist)

Bandung - Ratusan warga yang tinggal di tiga RT RW 12 Desa Cililin Kecamatan Cililin Kabupaten Bandung Barat terancam longsor susulan. Untuk sementara mereka diungsikan ke sejumlah sekolah atau madrasah di sekitar Kampung Jati Radio, dan ke rumah tetangga atau keluarga lainnya.

Menurut Camat Cililin Zaeni Dahlan, warga yang terancam longsor susulan khususnya yang tinggal di Kampung Jati Radio, terdiri atas 161 keluarga. Sebelumnya, saat longsor terjadi pada Jumat malam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah KBB menyebutkan, warga di RW 12 yang terancam longsor berjumlah 123 keluarga.

Data itu kemudian berubah menjadi 151 keluarga, karena data keluarga di satu RT belum dimasukkan. "Pastinya 161 keluarga, dari RT 2, 3 dan 4. Jumlah jiwanya mencapai sekitar 300 orang. Sejauh ini korban luka empat orang. Dua orang luka berat dan dua orang lagi luka ringan," kata Zaeni, Sabtu (11/3/2017).

Salah seorang korban luka berat, Asep Suparmin (45) harus dioperasi karena tulang rusuknya patah hampir mengenai ulu hati. Namun, pihak keluarga belum memutuskan untuk dilakukan operasi. Sementara dua orang yang mengalami luka ringan sudah beraktivitas normal.

Sejauh ini, sejumlah warga terpantau masih memindahkan barang-barang milik mereka, karena khawatir hujan deras kembali menimbulkan longsor susulan. Beberapa warga juga masih membersihkan sisa-sisa longsoran, berupa lumpur tanah yang masuk rumah dan jalan di perkampungan.

Sejumlah petugas dari BPBD Kabupaten Bandung Barat, Palang Merah Indonesia KBB, Dinas Sosial KBB, Polsek dan Koramil Cililin, serta beberapa organisasi kemasyarakatan, tampak masih berada di sekitar lokasi longsor guna membantu warga. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,