Badai Enawo Tewaskan 30 Orang dan Kerusakan di Madagaskar

Badai Enawo Tewaskan 30 Orang dan Kerusakan di Madagaskar

Badai Enawo menyebabkan banjir besar dan kerusakan parah di Madagaskar. (foto - The Wire)

Antananarivo - Sedikitnya 38 warga dilaporkan tewas, akibat sapuan Badai Enawo yang melanda Madagaskar. Sementara 53.000 jiwa lainnya mengungsi, saat badai melanda timur laut negara itu awal pekan ini.
 
Seperti dilansir BBC, Sabtu (11/3/2017) sebanyak 180 orang lainnya mengalami luka-luka. Pejabat setempat kemudian merevisi jumlah korban tewas dan terluka pada Jumat 10 Maret, setelah awalnya melaporkan hanya empat orang yang meninggal dunia.
 
Kekuatan Badai Enawo di Madagaskar sedikit berkurang setelah mencapai daratan, menjadi level depresi tropis. Namun sebelumnya sudah menghancurkan jalan dan memutus komunikasi ke timur laut Distrik Antalaha.
 
Badai Enawo juga membawa 12 inci curah hujan di seluruh wilayah selama 12 jam pada Selasa 7 Maret lalu, dengan kecepatan angin mencapai 300 km per jam. "Kerusakan sangat besar, di mana pun badai itu melintas," kata Sekretaris National Bureau of Risk and Disaster Management, Thierry Venty.
 
Sebelumnya, Rivo Randrianarison selaku kepala layanan cuaca setempat mengatakan, itu adalah salah satu badai terburuk di negara tersebut yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir.
 
"Enawo memiliki intensitas sama yang mendatangkan malapetaka seperti di Indlala pada 2007, Ivan pada 2008, Gafilo pada 2004 atau Giovanna pada 2012," kata Rivo lewat radio nasional Madagaskar. (Jr.)**
.

Categories:Internasional,
Tags:,