7 Penerbangan Iringi Pesawat Raja Salman Tinggalkan Bali

7 Penerbangan Iringi Pesawat Raja Salman Tinggalkan Bali

Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud meninggalkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu 12 Maret 2017 pukul 11.15 Wita. (foto - ist)

Denpasar - Bertolak ke Bandara Haneda Jepang, Raja Arab Saudi Salman bin Abdul Aziz al Saud meninggalkan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Minggu siang. Raja Salman akan melanjutkan kunjungan kenegaraan di Negeri Matahari Terbit.

Menurut Communication and Legal Section Head Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim, ada tujuh penerbangan yang mengiringi pesawat Raja Salman saat meninggalkan Bali. Setelah pesawat bertolak dari Bandara Ngurah Rai ke Haneda Jepang, ada empat pesawat mengiringi keberangkatan Raja Salman.

"Ada lima penerbangan. Empat penerbangan menuju Haneda Jepang dan satu penerbangan menuju Beijing Cina. Yang ke Beijing mengangkut muatan kargo dan eskalator," kata Arie, Minggu (12/3/2017).

Ia menjelaskan, ada tiga pesawat yang menyertai Raja Salman yang berangkat pukul 11.00 Wita atau lebih dulu bertolak sebelum pesawat yang membawa Sang Raja. "Lalu pukul 11.15 Wita dan 11.30 Wita, dua pesawat lagi terbang belakangan pukul 15.00 Wita dan pukul 16.00 Wita. Terakhir pukul 16.00 Wita rute Beijing mengangkut kargo dan eskalator," kata Arie.

Selain keberangkatan ada dua penerbangan dari rombongan Raja Salman yang tiba di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. "Secara keseluruhan ada tujuh lalu lintas penerbangan datang dan pergi terkait kepergian Raja Salman ke Jepang," kata Arie.

Turut melepas Raja Salman, antara lain Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Gubernur Bali Made Mangku Pastika, Kepala Polda Bali Inspektur Jenderal Petrus Golose dan Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Kustanto Widiatmoko.

Pemimpin negeri kaya minyak itu naik pesawat menggunakan tangga elektronik yang dibawa khusus dari Arab Saudi. Mengenakan gamis putih dan jubah warna keemasan, Raja Salman perlahan naik ke pesawat sembari tersenyum dan melambaikan tangan kepada para pengantarnya.

Pesawat jumbo jet Boeing 747 seri 400 yang membawa Raja Salman lepas landas pada pukul 11.15 Wita, dari landasan pacu sebelah timur Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Pesawat cadangan dan pesawat yang mengangkut kru dan tim medis menyusul 15 menit kemudian, setelah pesawat Raja Salman tinggal landas. (Jr.)**

.

Categories:Internasional,
Tags:,