8 Tahun Hilang, NASA Temukan Pesawat Antariksa Bulan

 8 Tahun Hilang, NASA Temukan Pesawat Antariksa Bulan

Badan Antariksa Amerika (NASA) akhirnya menemukan dua pesawat antariksa, satu di antaranya milik India, Chandrayaan-1. (foto - India Today)

California - Penerbangan pesawat luar angkasa tak berawak, menjadikan India berhasil membuat sejarah pada 2009, namun sayangnya pesawat itu kemudian raib. Hampir seabad kemudian, Badan Antariksa Amerika (NASA) akhirnya menemukan dua pesawat antariksa, satu di antaranya milik India, Chandrayaan-1.
 
Kalangan ilmuwan menggunakan radar tanah baru untuk menemukan dua pesawat ruang angkasa tersebut. Di mana yang satu aktif dan satunya lagi sudah terbengkalai. 
 
"Kami mampu mendeteksi pesawat ruang angkasa Lunar Reconnaissance NASA Orbiter (LRO), dan India Space Research Organization Chandrayaan-1 di orbit lunar dengan radar berbasis tanah," kata Marina Brozovic, salah seorang ilmuwan radar di NASA Jet Propulsion Laboratory di Pasadena California . 
 
"Menemukan LRO relatif mudah, karena kami bekerja dengan navigator misi dan memiliki data orbit yang jelas letaknya," katanya. Sedangkan menemukan Chandrayaan-1 menjadi lebih menantang, karena kontak terakhir dengan pesawat ruang angkasa itu terjadi pada Agustus 2009. 
 
Pesawat ruang angkasa kecil Chandrayaan-1 ukurannya hanya sekitar setengah ukuran mobil pintar, sehingga deteksinya menjadi lebih sulit. Sementara radar antarplanet telah digunakan untuk melihat asteroid kecil beberapa juta mil dari Bumi. 
 
Para peneliti pun tidak yakin, alatnya bisa mendeteksi sebuah objek yang lebih kecil dan jauh dari bulan. Objek itu terutama menjadi tantangan untuk ditemukan karena bulan penuh dengan wilayah tarikan gravitasi yang tinggi, yang secara drastis dapat mengubah orbit pesawat ruang angkasa. 
 
Teknologi baru sangat penting untuk melaksanakan misi bulan depan. Sementara itu, teleskop optik tidak bisa mencari benda-benda kecil karena silau terang bulan. (Jr.)**
.

Categories:Infotech,
Tags:,