Polisi Geledah Rumah Terduga Teroris di Babakan Ciparay

Polisi Geledah Rumah Terduga Teroris di Babakan Ciparay

Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri bersama aparat Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jabar menggeledah rumah terduga teroris di Jalan Jamika Babakan Ciparay Kota Bandung. (foto - Twitter)

Bandung - Tim Densus 88 Antiteror Mabes Polri bersama aparat Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimun) Polda Jabar melakukan penggeledahan rumah terduga teroris di Jalan Jamika Gang Bahpian Kelurahan Sukahaji, Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung.

Rumah yang merupakan tempat produksi susu murni itu diketahui milik Soleh alias Gungun, yang diduga merupakan jaringan bom panci di Lapang Pandawa Kelurahan Arjuna Kecamatan Cicendo Kota Bandung, pada Senin 27 Februari lalu.

Pasukan yang bersenjata lengkap langsung menggeledah rumah milik Soleh, Senin (13/3/2017) pukul 09.20 WIB. Garis polisi membentang sekitar radius 10 meter dari rumah itu. "Ya dia jualan susu. Produksi susu murni langsung di rumahnya," kata sejumlah tetangga Soleh di lokasi. Menurutnya, Soleh digelandang aparat pada Kamis 9 Maret lalu, saat akan ke bengkel di sekitar rumah itu.

Menurut para tetangga, Soleh sudah sekitar enam tahun menghuni rumah yang berada di kawasan padat penduduk itu. Sejak itu juga rumah dijadikan tempat produksi susu murni. "Sudah lama produksi susu. Susu terkadang suka ada yang ambil ke lokasi kadang diantar," katanya.

Sejak penangkapan, aktivitas jualan susu murni sudah tidak terlihat meski ada orang di dalamnya. "Masih ada orang, tapi enggak ada jualan keliatannya. Anak-anaknya juga masih ada kok," katanya. Hingga pukul 11.00 WIB penggeledahan pun masih berlangsung. Penjagaan ketat dilakukan petugas di luar rumah dengan pakaian dilengkapi senjata laras panjang. ‎

Aparat datang lengkap dengan senjata laras panjang dan rompi antipeluru. Tampak Tim Inafis Polrestabes Bandung pun membawa sebuah boks besar masuk ke dalam rumah, yang tertutup rapat dengan pagar tinggi tersebut.

Dalam penggeledahan di rumah Jalan Jamika Kecamatan Babakan Ciparay Badnung itu, Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Bandung mengamankan dua istri Soleh. Mereka keluar dengan mengenakan kerudung bercadar hitam dan dijaga ketat polisi wanita. Penggeledahan dilakukan untuk penyelidikan lebih lanjut mengenai kasus itu.

Menurut Suhendra, Ketua RT setempat yang turut menyaksikan penggeledahan mengaku hanya mengenal istri pertama Gungun, sedangkan istri keduanya baru menghuni rumah itu selama dua bulan terakhir. "Mereka istrinya, namanya Fitri. Namun yang kenal istri pertamanya saja karena sudah terdaftar. Sedangkan istri kedua mau daftar tapi keburu ada penggerebekan," katanya.

Selain kedua istri Gungun, polisi pun membawa beberapa barang dari rumah terduga teroris. Namun demikian, sejauh ini belum ada keterangan resmi dari kepolisian mengenai barang-barang yang disita. Aparat pun kabarnya akan menggeledah tempat pembuatan bom di kawasan Kiaracondong Bandung. (Jr.)**

.

Categories:Bandung,
Tags:,