Puluhan Lapak Rongsokan di Pondok Bambu Ludes Terbakar

Puluhan Lapak Rongsokan di Pondok Bambu Ludes Terbakar

Kebakaran puluhan bangunan semi permanen yang digunakan sebagai lapak pengumpulan barang bekas di Jalan Kejaksaan I Kavling 92 Pondok Bambu Jakarta Timur. (foto - (foto - @TMCPoldaMetro))

Jakarta - Kebakaran melanda puluhan bangunan semi permanen, yang digunakan sebagai lokasi atau lapak pengumpulan barang bekas di Jalan Kejaksaan I Kavling 92 Pondok Bambu Jakarta Timur, Senin (13/3/2017).

Menurut Kepala Seksi Pengendalian Kebakaran dan Penyelamatan Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Timur, Gatot Sulaiman titik api mulai tampak sekitar pukul 07.30 WIB.

"Banyaknya barang bekas yang mudah terbakar membuat api cepat menyebar, dan membakar seluruh barang yang ada di sana. Lapak-lapak tersebut berdiri di atas lahan seluas 800 meter persegi milik Pemprov DKI Jakarta," katanya.

Ia menyatakan, dalam kejadian itu pihaknya mengerahkan sedikitnya 12 armada pemadam dengan puluhan personel. "Titik api sudah bisa dilokalisir. Kami upayakan agar api tidak menjalar ke bangunan lain di sekitarnya," tegasnya.

Gatot mengatakan, saat ini pihaknya masih meminta keterangan sejumlah saksi mengenai penyebab kebakaran. Begitu pula dengan nilai kerugian yang belum dapat diketahui.

Berdasarkan keterangan saksi mata warga sekitar, puluhan lapak semi permanen itu ludes terbakar. Api pertama kali muncul dari lapak milik penghuni bernama Umi. Penghuni lain yang melihat api berusaha memadamkannya. 

Namun, banyaknya barang bekas yang mudah terbakar membuat api membesar dan makin tidak terkendali. "Kemudian api menjalar ke lapak lainnya. Semua barang terbakar," katanya. pada saat itu pula warga melaporkan kebakaran itu ke pos pemadam kebakaran terdekat.

"Lahan itu merupakan tempat pembuangan sampah dan disalahfungsikan untuk lapak-lapak pengepul barang bekas. Ada sekitar 210 jiwa yang menempati lokasi itu," katanya. (Jr.)**

.

Categories:Daerah,
Tags:,